PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISIONS (STAD) UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS VA SD NEGERI 81 KOTA BENGKULU

Agustina, Karlinda and Endang , Widi Winarni and Resnani, Resnani (2013) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISIONS (STAD) UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS VA SD NEGERI 81 KOTA BENGKULU. Undergraduated thesis, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan.

[img] Text (Thesis)
I,II,III,2-13-kar.FI..pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (8MB)
[img] Text (Thesis)
IV,V,LAMP,2-13-kar.FI..pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (8MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar IPA siswa kelas VA SD Negeri 81 Kota Bengkulu dengan cara menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Student Team Achievement Divisions (STAD). Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research)yang dilaksanakan sebanyak dua siklus, setiap siklus melalui tahap perencanaan,pelaksanaan, observasi dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah guru dan siswa kelas VA SD Negeri 81 Kota Bengkulu pada semester I tahun 2012/2013.Instrumen yang digunakan terdiri dari lembar non tes berupa lembar observasi guru dan siswa, pengamatan afektif dan psikomotor, sedangkan lembar tes berupa tes tertulis berbentuk essay. Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini adalah pada siklus I nilai rata-rata aktivitas guru sebesar 27,5 dengan kriteria cukup,meningkat pada siklus II rata-rata menjadi sebesar 37,25 dengan kriteria baik.Pada siklus I diperoleh nilai rata-rata aktivitas siswa menjadi sebesar 27 dengan kriteria cukup, meningkat pada siklus II nilai rata-rata menjadi sebesar 36,25 dengan kriteria baik. Pada siklus I diperoleh nilai rata-rata tes tertulis yaitu 66,56 dengan ketuntasan belajar 59,4% dan meningkat pada siklus II dengan nilai ratarata 70,84 dan ketuntasan belajar menjadi 84,4%. Untuk aspek afektif pada siklus I diperoleh nilai rata-rata sebesar 11,73 dengan kategori baik sebanyak 7 siswa, meningkat pada siklus II dengan nilai rata-rata menjadi sebesar 13,02 dan sebanyak 22 siswa mendapat kategori baik. Demikian pula untuk aspek psikomotor pada siklus I diperoleh nilai rata-rata sebesar 9,21 dengan perolehan kategori baik sebanyak 14 siswa, meningkat pada siklus II dengan nilai rata-rata 10,05 dan sebanyak 21 siswa mendapat kategori baik. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Student Team Achievement Divisions (STAD) dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar IPA siswa kelas VA SD Negeri 81 Kota Bengkulu.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Elementary School Teacher Education
Depositing User: 021 Nanik Rahmawati
Date Deposited: 03 Jan 2014 13:22
Last Modified: 03 Jan 2014 13:22
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/6095

Actions (login required)

View Item View Item