PENERAPAN MODEL QUANTUM TEACHING DENGAN MENGGUNAKAN LINGKUNGAN SEBAGAI SUMBER BELAJAR UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS KARANGAN EKSPOSISI PADA SISWA KELAS VC SDIT IQRA’1 KOTA BENGKULU

Shobirin , M. Ali and Nani , Yuliantini and Herman , Lusa (2013) PENERAPAN MODEL QUANTUM TEACHING DENGAN MENGGUNAKAN LINGKUNGAN SEBAGAI SUMBER BELAJAR UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS KARANGAN EKSPOSISI PADA SISWA KELAS VC SDIT IQRA’1 KOTA BENGKULU. Undergraduated thesis, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan.

[img] Text (Thesis)
I,II,III,2-13-ali.FI..pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (8MB)
[img] Text (Thesis)
IV,V,LAMP,2-13-ali.FI..pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (8MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan kemampuan siswa pada menulis karangan ekasposisi pada mata pelajaran Bahasa Indonesia kelas VC SDIT IQRA’1Kota Bengkulu, dengan menerapkan model Quantum Teaching dan menggunakan lingkungan sebagai sumber belajar. Jenis penelitian adalah penelitian tindakan kelas. Subyek penelitian adalah guru dan siswa kelas VC SDIT IQRA’1 Kota Bengkulu yang berjumlah 27 terdiri dari 16 laki-laki dan 11 perempuan Tahun Pelajaran 2012-2013. Instrumen penelitian yang digunakan yaitu lembar observasi dan lembar tes. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan tes menulis belajar dengan teknik analisis data observasi, dan hasil belajar. Hasil yang dicapai dalam penelitian ini adalah pada siklus I diperoleh nilai rata-rata skor observasi keaktivan guru sebesar 35,5 dengan kriteria cukup, dan rata-rata skor observasi keaktivan siswa sebesar 34,5 dengan kriteria cukup, meningkat pada siklus II rata-rata skor observasi keaktivan guru sebesar 41,5 dengan kriteria baik dan rata-rata skor observasi keaktivan siswa sebesar 40 dengan kriteria baik. Menurut hasil analisis ketuntasan belajar secara klasikal pada siklus 1 sebesar 60% dengan nilai rata-rata 77,88. Pada siklus II ketuntasan belajar secara klasikal meningkat menjadi 85,18% dengan nilai rata-rata meningkat menjadi 80,93. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan model Quantum Teaching dengan menggunakan lingkungan sebagai sumber belajar dapat meningkatkan kemampuan menulis karangan eksposisi siswa kelas VC SDIT IQRA’1 Kota Bengkulu.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Elementary School Teacher Education
Depositing User: 021 Nanik Rachmawati
Date Deposited: 03 Jan 2014 14:10
Last Modified: 03 Jan 2014 14:10
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/6098

Actions (login required)

View Item View Item