HUBUNGAN KETERAMPILAN GURU DALAM MENGELOLA KELAS DENGAN KESADARAN DIRI SISWA

Arini, Made Asti Dian and Abdul, Muktadir and Ansyori , Gunawan (2013) HUBUNGAN KETERAMPILAN GURU DALAM MENGELOLA KELAS DENGAN KESADARAN DIRI SISWA. Undergraduated thesis, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan.

[img] Text (Thesis)
IV,V,LAMP,2-13-mad.FI..pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (3MB)
[img] Text (Thesis)
I,II,III,2-13-mad.FI..pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat hubungan yang signifikan antara keterampilan guru dalam mengelola kelas dengan kesadaran diri siswa kelas III di SD Negeri 1 Kota Bengkulu. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian korelasional. Penelitian ini merupakan penelitian sensus yang menggunakan seluruh anggota populasi sebagai sampel penelitian (total sampling). Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas III SD Negeri 1 Kota Bengkulu yang berjumlah 52 orang. Instrumen pengumpulan data menggunakan angket sebagai alat pengumpulan data primer, serta pedoman observasi dan pedoman wawancara sebagai alat pengumpulan data sekunder. Analisis data yang digunakan adalah analisis statistik deskriptif dan uji hipotesis. Analisis statistik deskriptif menggunakan perhitungan nilai rata-rata (mean). Uji hipotesis dilakukan dengan menggunakan analisis korelasi yaitu uji Pearson Product Moment. Uji hipotesis dilakukan dengan bantuan software SPSS dan microsoft excel. Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini yaitu: (1) hasil analisis statistik deskriptif menunjukkan bahwa keterampilan guru dalam mengelola kelas di SD Negeri 1 Kota Bengkulu berkategori baik dengan nilai rata-rata (mean) sebesar 2,98, sedangkan kesadaran diri siswa di SD Negeri 1 Kota Bengkulu berkategori sangat baik dengan nilai rata-rata (mean) sebesar 3,28, (2) hasil uji Pearson Product Moment memperoleh nilai rhitung sebesar 0,368 dan rtabel sebesar 0,279 dengan taraf signifikansi sebesar 5% atau 0,05. Nilai rhitung > rtabel menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara keterampilan guru dalam mengelola kelas dengan kesadaran diri siswa kelas III SD Negeri 1 Kota Bengkulu. Hasil analisis data yang dilakukan juga menunjukkan bahwa koefisien determinasi atau R-square yang diperoleh sebesar 0,135 yang menunjukkan bahwa kontribusi yang diberikan oleh keterampilan guru dalam mengelola kelas terhadap kesadaran diri siswa adalah sebesar 13,5%. Hal ini memberikan rekomendasi bagi penelitian selanjutnya untuk mengeksplorasi lebih dalam faktor-faktor yang mempengaruhi kesadaran diri siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Elementary School Teacher Education
Depositing User: 021 Nanik Rachmawati
Date Deposited: 03 Jan 2014 14:16
Last Modified: 03 Jan 2014 14:16
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/6102

Actions (login required)

View Item View Item