ANALISIS KONTRIBUSI PENDAPATAN DAN PEMASARAN USAHA PEMBESARAN BUDIDAYA IKAN LELE DI KELURAHAN LEMPUING KECAMATAN RATU AGUNG KOTA BENGKULU

Melfandes, Melfandes and Sriyoto, Sriyoto and Reswita, Reswita (2013) ANALISIS KONTRIBUSI PENDAPATAN DAN PEMASARAN USAHA PEMBESARAN BUDIDAYA IKAN LELE DI KELURAHAN LEMPUING KECAMATAN RATU AGUNG KOTA BENGKULU. Undergraduated thesis, Fakultas Pertanian UNIB.

[img] Text (Thesis)
Bab III,IV,V,VI-MELFANDES-FP-2013.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (4Mb)
[img] Text (Thesis)
Bab I,II-MELFANDES-FP-2013.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (4Mb)
[img] Text (Thesis)
DaftPus-MELFANDES-FP-2013.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (4Mb)

Abstract

Salah satu sektor yang memberikan sumbangan penerimaan negara adalah subsektor perikanan yang merupakan salah satu pilar perekonomian Indonesia yang perlu ditingkatkan guna meningkatkan pendapatan nasional, perolehan devisa dan peningkatan kesejahtraan rakyat. Salah satu jenis budidaya ikan di daratan yang berkembang pesat di Indonesia dalam beberapa waktu terakhir adalah budidaya ikan lele, baik pembenihan maupun pembesaran. Ikan lele merupakan salah satu jenis ikan air tawar yang sudah dibudidayakan secara komersial oleh masyarakat Bengkulu. Budidaya lele berkembang pesat dikarenakan: 1) dapat dibudidayakan di lahan dan sumber air yang terbatas dengan padat tebar tinggi, 2) teknologi budidaya relatif mudah dikuasai oleh masyarakat, 3) pemasarannya relatif mudah dan 4) modal usaha yang dibutuhkan relatif rendah. Penelitian ini bertujuan untuk : 1) Untuk mengetahui besarnya pendapatan tunai usaha pembesaran budidaya ikan lele di Kelurahan Lempuing Kecamatan Ratu Agung Kota Bengkulu; 2) Untuk mengetahui besarnya kontribusi pendapatan usaha pembesaran budidaya ikan lele di Kelurahan Lempuing Kecamatan Ratu Agung Kota Bengkulu; 3) Untuk mengetahui bentuk saluran pemasaran dan besarnya marjin pemasaran usaha pembesaran budidaya ikan lele di Kelurahan Lempuing Kecamatan Ratu Agung Kota Bengkulu. Responden dalam penelitian ini adalah sebanyak 65 orang pembudidaya dan 16 orang untuk lembaga pemasaran yang dipilih dengan menggunakan metode sensus untuk responden pembudidaya ikan lele dan metode snowball sampling untuk responden lembaga pemasaran. Data yang digunakan dalam penelitian ini bersumber dari data sekunder dan data primer. Data sekunder diperoleh dari studi pustaka atau literature yang terkait, sedangkan data primer diperoleh dari hasil wawancara langsung kepada responden dan observasi di lapangan. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa rata-rata pendapatan tunai yang diterima oleh pembudidaya ikan lele adalah sebesar Rp 1.603.023,01,-/musim tebar atau sebesar Rp 801.511,54,- /bulan sedangkan untuk nilai kontribusi pendapatan adalah sebesar 19,59 % yang termasuk kedalam klasifikasi rendah. Bentuk saluran pemasaran ikan lele di daerah penelitian terdapat 3 saluran pemasaran yaitu : 1. Produsen pedagang pengumpul pedagang pengecer Pasar Minggu konsumen 2. Produsen pedagang pengumpul pedagang pengecer Pasar Panorama konsumen 3. Produsen pedagang pengumpul pedagang pengecer Pagar Dewa konsumen Marjin pemasaran ikan lele yang terbesar terdapat pada saluran terdapat pada saluran pemasaran III yaitu pada pedagang pengecer Pasar Pagar Dewa sebesar Rp 5600/kg.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Faculty of Agriculture > Department of Agribusiness
Depositing User: 001 Bambang Gonggo Murcitro
Date Deposited: 25 Sep 2013 15:24
Last Modified: 25 Sep 2013 15:24
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/611

Actions (login required)

View Item View Item