Kurniawan, Edwin and Syaiful, Anwar and Soengkono, Soengkono (2013) PERSEPSI WISATAWAN TERHADAP OBJEK WISATA ALAM DANAU TES KABUPATEN LEBONG BENGKULU IMPLIKASI STRATEGI PEMASARAN. Masters thesis, Fakultas Ekonomi UNIB.
Text
I,II,III,III-13-edw.FE.pdf - Bibliography Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons GNU GPL (Software). Download (1MB) |
|
Text
IV,V,LAMP,III-13-edw.FE.pdf - Bibliography Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons GNU GPL (Software). Download (965kB) |
Abstract
Kepariwisataan meliputi berbagai kegiatan yang berhubungan dengan wisata, pengusahaan, objek, dan daya tarik wisata serta usaha lainnya. Dalam bentuk sederhana pariwisata dikenal sebagai bertamasya atau perlawatan. Seiring dengan berbagai perkembangan yang dicapai di bidang ekonomi, budaya, teknologi dan sebagainya, maka bentuk kegiatan pariwisata telah berkembang menjadi suatu kegiatan yang bersifat lebih kompleks dan luas. Salah satu upaya pengembangan industri pariwisata dapat dilakukan dengan cara pengembangan objek wisata di suatu kawasan sebagai daya tarik wisata. Pengembangan objek wisata ini tentunya direncanakan dan dilakukan sesuai dengan potensi dan kemampuan daerah untuk menyusun rencana dan mengelola secara optimal sesuai dengan sumber daya yang dimiliki. Kawasan objek wisata danau tes merupakan salah satu daya tarik wisata andalan Kabupaten Lebong, karena danau ini letaknya sangat strategis menjadikan kawasan ini tepat sekali dipilih sebagai salah satu tujuan rekreasi yang menyenangkan. Kurangnya perhatian dan pengawasan yang lebih dari Pemerintah Daerah Kabupaten dalam pengelolaan serta pemanfaatan potensi kawasan Danau Tes ini sebagai daya tarik wisata, mengakibatkan kawasan danau tes ini belum dikelola secara profesional. Permasalahan yang didapati juga yaitu kurangnya partisipasi maupun kerjasama masyarakat lokal terhadap pelaksanaan pariwisata di kawasan danau tes. Berkaitan dengan masalah diatas, diperlukan penelitian mengenai persepsi wisatawan terhadap objek wisata Danau Tes.Dengan memahami persepsi, dapat diketahui mengenai keinginan konsumen serta keputusan konsumen dalam melakukan kunjungan ke wilayah objek wisata Danau Tes. Tujuan penelitian ini adalah 1)Untuk mengetahui dan menganalisis bagaimana persepsi wisatawan terhadap produk utama objek wisata Danau Tes,2)Untuk mengetahui dan menganalisis bagaimana persepsi wisatawan terhadap produk pendukung objek wisata Danau Tes,3) Untuk mengetahui dan menganalisis bagaimana persepsi benefit kunjungan wisatawan ke objek wisata Danau Tes. Penelitian ini dilakukan dengan metode kuisioner, wawancara, observasi, dan dokumentasi untuk mendapatkan data primer dan data sekunder. Metode sampel yang digunakan adalah accidental sampling yang ditujukan bagi siapa saja pengunjung yang kebetulan sedang berwisata dan ditambah pengelola objek wisata sebagai key person. Jumlah sampelnya adalah 100 orang. Analisis yang digunakan adalah dengan menggunakan analisis deskriptif dengan pendekatan distribusi frekuensi. Hasil penelitian ini menggambarkan bahwa Persepsi wisatawan terhadap produk utama objek wisata danau tes adalah baik, dengan skor rata-rata adalah 3,9 berada pada kategori baik,Persepsi wisatawan terhadap produk pendukung adalah cukup baik dengan skor rat-rata adalah 2,9 berada pada kategori cukup baik ,Persepsi wisatawan terhadap benefit kunjungan wisatawan objek wisata danau tes adalah baik dengan skor rata-rata adalah 3,7 berada pada kategori baik. Untuk meningkatkan dan mempertahankan nilai produk utama objek wisata danau tes diperlukan dan menjaga keasrian yang dimiiliki objek wisata danau tes.Untuk meningkatkan nilai peorduk pendukung objek wisata danau tes disarankan agar fasilitas yang ada dilakukan pemeliharaan serta pengembangan yang mampun memberikan daya tarik objek wisata danau tes. Menciptakan atraksi wisata yang mampu menarik minat wisatawan untuk dapat berkunjung menikmati jasa wisata yang ditawarkan objek wisata danau tes
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) |
Divisions: | Postgraduate Program > Magister Manajemen |
Depositing User: | 001 Bambang Gonggo Murcitro |
Date Deposited: | 04 Jan 2014 23:46 |
Last Modified: | 04 Jan 2014 23:46 |
URI: | http://repository.unib.ac.id/id/eprint/6130 |
Actions (login required)
View Item |