ANALISIS KUALITAS PELAYANAN PUBLIK DI DESA SUKA JAYA KECAMATAN KEDURANG ILIR KABUPATEN BENGKULU SELATAN

Olga , Fhobiriani and Djonet, Santoso and Alimansyah, Alimansyah (2013) ANALISIS KUALITAS PELAYANAN PUBLIK DI DESA SUKA JAYA KECAMATAN KEDURANG ILIR KABUPATEN BENGKULU SELATAN. Undergraduated thesis, Fakultas Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik UNIB.

[img] Text
IV,V,VI,LAMP,III-13-olg-FS.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (4MB)
[img] Text
I,II,III,III-13-olg-FS.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (4MB)

Abstract

Pelayanan publik merupakan tuntutan yang sangat mendasar bagi manajemen pemerintahan modern, masyarakat yang semakin maju membutuhkan pelayanan yang cepat dihitung dengan nilai ekonomis dan menjamin adanya kepastian,sedangkan pelayanan publik di Indonesia berjalan ditempat, termasuk Provinsi Bengkulu yang merupakan Peringkat 10 terbawah Pelayanan Publik, begitu juga dengan berbagai desa di Indonesia. Desa Suka Jaya Merupakan Desa Bentukan Baru, berdasarkan Permendagri No 28 Tahun 2006 tujuan dari pembentukan Desa Baru adalah peningkatan pelayanan publik. Berdasarkan pengamatan dan hasil pra penelitian sebagian besar masyarakat Desa Suka Jaya menyatakan tidak puas terhadap pelayanan publik di Desa Suka Jaya. Berdasarkan latar belakang diatas maka yang menjadi rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana kualitas pelayanan publik di Desa Suka Jaya Kecamatan Kedurang Ilir Kabupaten Bengkulu Selatan. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif. Teknik pemilihan informan menggunakan Porposive Sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu wawancara, dokumentasi dan observasi. Dari hasil penelitian diketahui bahwa pelayanan Publik di Desa Suka Jaya Kecamatan Kedurang Ilir Kabupaten Bengkulu Selatan dilihat dari Aspek Pelayanan yang cepat, terutama untuk pengurusan Surat Keterangan Jual Beli Tanah masih lamban, tapi untuk pengurusan dua surat lain yakni Pengantar Pembuatan Kartu Keluarga dan Surat Keterangan Hewan cukup Cepat. Sedangkan dari aspek Pelayanan yang wajar, termasuk didalamnya sikap aparatur dan biaya pengurusan, dari sikap aparatur dalam memberikan pelayanan tidak terlalu ramah sedangkan dari segi biaya cukup ekonomis dan masyarakat tidak merasa keberatan tapi merupakan pungutan liar karena belum diatur dalam Peraturan Desa. Terakhir dari aspek perlakuan yang dalam pelayanan, dalam memberikan pelayanan aparatur masih membeda-bedakan, aparatur lebih mementingkan kerabat. Dari sana dapat disimpulkan bahwa pelayanan publik di Desa Suka Jaya terutama untuk pelayanan publik dibidang administrasi belum berkualitas.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: J Political Science > JA Political science (General)
Divisions: Faculty of Social & Politics Science > Department of Public Administration
Depositing User: Miss Novita Veronika Barus
Date Deposited: 09 Jan 2014 20:19
Last Modified: 09 Jan 2014 20:19
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/6132

Actions (login required)

View Item View Item