ANALISIS PENDAPATAN DAN PEMASARAN USAHA PEMBESARAN IKAN NILA (Oreochromis niloticus) DI DESA TANJUNG HARAPAN KECAMATAN PADANG JAYA KABUPATEN BENGKULU UTARA

GMS, Ervan and Bambang, Sumantri and Mustopa , Romdhon (2007) ANALISIS PENDAPATAN DAN PEMASARAN USAHA PEMBESARAN IKAN NILA (Oreochromis niloticus) DI DESA TANJUNG HARAPAN KECAMATAN PADANG JAYA KABUPATEN BENGKULU UTARA. Undergraduated thesis, Fakultas Pertanian UNIB.

[img] Text
IV,V,VI-ERV-FP.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (268kB)
[img] Text
I,II,III-ERV-FP.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (499kB)

Abstract

Sektor perikanan merupakan sektor yang telah banyak dilakukan oleh berbagai kalangan petani, salah satunya usaha pembesaran ikan nila. Usaha ini mampu memberikan kontribusi/ sumbangan dalam berbagai segmen diantaranya menambah pendapatan petani, meningkatkan ekspor serta menunjang sektor industri. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui mengetahui besarnya pendapatan rata-rata usaha pembesaran ikan nila, mengetahui tingkat efisiensi usaha pembesaran ikan nila, dan mengetahui sistem pemasaran usaha pembesaran ikan nila baik marjin pemasaran, distribusi pemasaran ataupun saluran pemasarannya. Penentuan lokasi dalam penelitian ini ditentukan secara sengaja (purposive) yaitu di Tanjung Harapan kecamatan padang jaya kabupaten Bengkulu Utara. Responden petani ikan nila diambil secara simple random sampling yang terdiri dari 58 responden, sedangkan responden lembaga pemasaran ditentukan secara penelusuran (Snow Ball) yang terdiri dari 5 orang pedagang pengumpul desa dan 3 orang pedagang pengecer. Analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis pendapatan dan R/C ratio. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa pendapatan rata-rata yang diperoleh petani adalah sebesar Rp. 1.266.053,98/ usaha tani atau Rp.909,52/m 2 dalam siklus produksi selama 4 bulan pemeliharaan dengan R/C Ratio sebesar 1,21. Nilai ini menunjukkan bahwa usaha pembesaran ikan nila di desa tanjung harapan efisien (menguntungkan). Berdasarkan hasil penelitian, analisis pemasaran menunjukkan bahwa lembaga yang terlibat dalam saluran pemasaran adalah di mulai dari tingkat petani, pedagang pengumpul desa, pedagang pengecer, dan diteruskan ke konsumen akhir. Total produksi ikan yang dipasarkan oleh petani kepada pedagang pengumpul sebanyak 243,22 ton (100 %), kemudian pedagang pengumpul menjual kembali kepada pedagang luar daerah sebanyak 28,76 ton (11,82 %), dan sebanyak 0,92 ton (0,38 %) disalurkan ke konsumen akhir oleh pedagang pengecer di pasar Panorama Bengkulu. Hasil analisis margin pemasaran diperoleh total margin pemasaran sebesar Rp.4.243,2/Kg atau 37,44 % terhadap harga konsumen. Sedangkan keuntungan total diperoleh sebesar Rp.2.414,23/Kg atau 20,42 % terhadap harga konsumen dan total biaya pemasaran diperoleh sebesar Rp. 1.828,97/Kg atau 16,14 % terhadap harga konsumen.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Faculty of Agriculture > Department of Agribusiness
Depositing User: 013 Rizky Septika Utami
Date Deposited: 05 Jan 2014 13:24
Last Modified: 05 Jan 2014 13:24
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/6150

Actions (login required)

View Item View Item