PENINGKATAN KETEPATAN LEMPAR DALAM PERMAINAN KASTI MELALUI PEMBELAJARAN MEDIA KOTAK SISWA KELAS IV SDN 10 PADANG JAYA KABUPATEN BENGKULU UTARA

Sunyoto , Sunyoto and Sofino, Sofino and Santun , Sihombing (2013) PENINGKATAN KETEPATAN LEMPAR DALAM PERMAINAN KASTI MELALUI PEMBELAJARAN MEDIA KOTAK SISWA KELAS IV SDN 10 PADANG JAYA KABUPATEN BENGKULU UTARA. Undergraduated thesis, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Bengkulu.

[img] Text (Thesis)
I,II,III,3-13-sun.FI.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (19MB)
[img] Text (Thesis)
IV,V,LAMP,3-13-sun.FI.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (19MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan ketepatan lempar dalam permainan kasti melalui pembelajaran menggunakan media kotak di Sekolah Dasar Negeri 10 Padang Jaya Kabupaten Bengkulu Utara. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas dengan rancangan 2 siklus. Subjek penelitian adalah kelas IV yang berjumlah 21 orang siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa mengalami peningkatan dalam ketepatan lempar bola kasti. Hal tersebut dapat dilihat dari hasil rata-rata kelas siswa pada siklus 1 sebesar 42,86 kemudian meningkat di siklus 2 sebesar 74,90. Peningkatan rata-rata kelas tersebut didapatkan sebesar 32,04 %. Kesimpulan dalam penelitian ini adalah (1) bahwa penerapan latihan ketepatan melempar bola kasti dengan pembelajaran menggunakan media kotak dapat meningkatkan ketepatan siswa dalam melempar bola kasti pada siswa kelas IV SDN 10 Padang Jaya Bengkulu Utara, (2) penerapan latihan ketepatan melempar bola kasti dengan pembelajaran menggunakan media kotak dapat meningkatkan aktivitas guru dan aktivitas siswa dalam pembelajaran Penjaskes pada materi ketepatan melempar bola kasti pada siswa kelas IV SDN 10 Padang Jaya Bengkulu. Hal ini dapat dilihat dari peningkatan hasil observasi guru dan siswa. Untuk aktivitas guru pada siklus 1 sebesar 15, kemudian meningkat pada siklus 2 sebesar 20, atau terjadi peningkatan sebesar 23,81%. Untuk aktivitas siswa pada siklus 1 sebesar 14, kemudian meningkat pada siklus 2 sebesar 20, atau terjadi peningkatan sebesar 28,57%.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: ?? def_phi ??
Depositing User: 021 Nanik Rachmawati
Date Deposited: 07 Jan 2014 12:57
Last Modified: 07 Jan 2014 12:57
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/6185

Actions (login required)

View Item View Item