Prayitno, Edy and Ridwan, Nurazi and Paulus , Suluk Kananlua (2013) ANALISIS PENERAPAN KEBIJAKAN PUBLIK TREASURY SINGLE ACCOUNT PENGELUARAN PADA KANTOR PELAYANAN PERBENDAHARAAN NEGARA KANTOR WILAYAH DIREKTORAT JENDERAL PERBENDAHARAAN BENGKULU. Masters thesis, Fakultas Ekonomi UNIB.
Text
IV,V,LAMP,III-13-edy.FE.pdf - Bibliography Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons GNU GPL (Software). Download (313kB) |
|
Text
I,II,III,III-13-edy.FE.pdf - Bibliography Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons GNU GPL (Software). Download (827kB) |
Abstract
Kementerian Keuangan dalam mengelola keuangan negara berupaya mewujudkan good governance melalui pengelolaan keuangan Negara yang professional, antara lain melakukan perbaikan dalam pengelolaan kas negara. Penerapan manajemen kas dalam keuangan pemerintah dilakukan melalui Treasury Single Account (TSA), perencanaan kas, penempatan/investasi kas jangka pendek, dan penataan rekening pemerintah. TSA Pengeluaran penting untuk terkonsolidasinya arus kas dalam satu rekening dan untuk pengendalian kas. TSA merupakan suatu kebijakan, sehingga dalam penerapannya membutuhkan usaha-usaha yang baik dan cermat. Suatu kebijakan dalam penerapannya dipengaruhi oleh beberapa faktor atau aspek. Permasalahan yang ada pada penelitian ini adalah: Bagaimana penerapan Treasury Single Account pada Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Perbendaharaan Bengkulu dilihat dari aspek komunikasi, sumber daya, struktur birokrasi, dan sikap. Penelitian atau studi ini mempunyai tujuan: menganalisis penerapan Treasury Single Account Pengeluaran dilihat dari aspek komunikasi, sumber daya, struktur birokrasi, dan sikap yang selama ini ada di dalam organisasi. Jenis penelitian yang digunakan adalah bersifat analisis deskriptif, mengunakan pendekatan kuantitatif. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah dengan mengunakan metode kuesioner terhadap para pelaku yang terlibat dalam penerapan TSA Pengeluaran seperti Kepala KPPN berjumlah 4 orang, Kasi Bank/Giro Pos berjumlah 4 orang dan staf Seksi Bank/Giro Pos berjumlah 5 orang. Untuk menjawab tujuan penelitian ini pemprosesan data penelitian akan menggunakan bantuan program MS Excell. Untuk menjawab rumusan masalah dilakukan analisis kualitatif digunakan teknik deskriptif yang meliputi tiga prosedur yaitu: 1) reduksi data, 2) penyajian data, 3) penarikan kesimpulan dan verifikasi. Berdasarkan hasil pembahasan yang telah diuraikan pada bagian sebelumnya, maka dapat diambil beberapa kesimpulan penerapan Treasury Single Account Pengeluaran pada KPPN-KPPN Kanwil Direktorat Jenderal Perbendaharaan Bengkulu dilihat dari aspek komunikasi, sumber daya, struktur birokrasi, dan sikap yang selama ini ada di dalam organisasi berjalan baik yaitu rata 3,78. Aspek komunikasi berjalan baik yaitu dengan rata-rata 3,79. Aspek sumber daya tergolong baik yaitu pada rata-rata 3,63. Aspek struktur birokrasi tergolong baik yaitu dengan rata-rata 3,85. Dan aspek sikap tergolong baik yaitu dengan rata-rata 3,86. Pencapaian kriteria baik masih membutuhkan upaya peningkatan pada seluruh aspek penerapan kebijakan publik sehingga mencapai kriteria sangat baik dengan tujuan untuk dapat memberikan pelayanan yang prima. Hal ini dapat mendukung tata kelola pemerintahan yang baik sehingga dapat memberikan pelayanan yang efisien dan efektif.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) |
Divisions: | Postgraduate Program > Magister Manajemen |
Depositing User: | 001 Bambang Gonggo Murcitro |
Date Deposited: | 07 Jan 2014 19:23 |
Last Modified: | 07 Jan 2014 19:23 |
URI: | http://repository.unib.ac.id/id/eprint/6198 |
Actions (login required)
View Item |