UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI KOLABORASI METODE SUPER BRAIN DENGAN TEKNIK GIVING REWARD TO EDUCATIVE PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA SD NEGERI 17 KOTA BENGKULU

Afrianti, Winanda and Ansyori , Gunawan and Nur , Asni (2013) UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI KOLABORASI METODE SUPER BRAIN DENGAN TEKNIK GIVING REWARD TO EDUCATIVE PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA SD NEGERI 17 KOTA BENGKULU. Undergraduated thesis, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Bengkulu.

[img] Text (Thesis)
IV,V,LAMP,3-13-win.FI.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (6MB)
[img] Text (Thesis)
I,II,III,3-13-win.FI.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (6MB)

Abstract

Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar dan meningkatkan aktivitas siswa melalui penerapan kolaborasi metode pembelajaran Super Brain dengan teknik giving reward to educative pada pembelajaran Matematika kelas 6B SD Negeri 17 Kota Bengkulu. Subjek penelitian ini adalah satu orang guru dan 26 siswa yang terdiri dari 14 laki-laki dan 12 perempuan. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar pengamatan aktivitas guru dan aktivitas siswa, lembar penilaian afektif dan psikomotor dan tes akhir. Teknik pengumpulan data diperoleh dari pengamatan, dan tes hasil belajar siswa. Teknik analisis yang digunakan adalah data pengamatan aktivitas guru dan siswa serta hasil tes. Dari penelitian yang telah dilakukan dalam 3 siklus terjadi peningkatan pada aktivitas guru dan siswa . Untuk aktivitas guru pada siklus I diperoleh rata-rata skor 30,5 dengan kategori “cukup ”, pada siklus II diperoleh nilai rata-rata skor 36,5 den gan kate go ri “baik ” d an pad a sikl us III dipe roleh rata-rata skor 38 dengan kategori “baik”. Hasil pengamatan aktivitas siswa juga menunjukkan peningkatan yaitu pada sikl us I 30,5 den gan k ate gori “cukup ”, menin gkat pada siklus II 34,5 den gan k ate gori “baik “ dan mengal ami peningkat an di sikl us III menjadi 37,5 den gan k a tegori “baik “. Sedangkan tes kemampuan hasil belajar siswa juga menunjukkan peningkatan yaitu pada siklus I rata-rata kelas 69,1 dengan persentase ketuntasan klasikal 67%, kemudian di siklus II diperoleh nilai rata-rata 78,84 dengan persentase ketuntasan klasikal 81,8% dan pada siklus III diperoleh nilai rata-rata 86 dengan persentase ketuntasan klasikal 88%. Pada ranah afektif yang mencapai kategori baik meningkat setiap siklusnya aspek menanggapi siklus I diperoleh 32%, pada siklus II 33,33%, meningkat pada siklus III diperoleh 48% , aspek menerima pada siklus I diperoleh 20,33, pada siklus II 33%,meningkat siklus II diperoleh 44%, aspek mengelola siklus I diperoleh 20,83%, pada siklus II 24%, meningkat pada siklus III 36%%, aspek menilai pada siklus I diperoleh 16,66%, siklus II 36%, meningkat siklus III 40%, aspek menghayati pada siklus I diperoleh 45,83%, pada siklus II 48% meningkat pada siklus III 64%. Pada ranah psikomotor siklus I, aspek, manipulasi 41,66%, pengalamiahan 33,33%, artikulasi 25%.pada siklus II manipulasi 48 %, pengalamiahan 40%, artikulasi 25%. Pada siklus Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa kolaborasi metode pembelajaran Super Brain dengan teknik Giving Reward To Educative dapat meningkatkan aktivitas pembelajaran dan meningkatkan hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Elementary School Teacher Education
Depositing User: 021 Nanik Rachmawati
Date Deposited: 08 Jan 2014 10:14
Last Modified: 08 Jan 2014 10:14
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/6213

Actions (login required)

View Item View Item