Suprihatin, Titin and V. Karjiati, V. Karjiati and Nani , Yuliantini (2013) UPAYA MENINGKATKAN AKTIVITAS PEMBELAJARAN DAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI PENERAPAN OPEN-ENDED PADA PELAJARAN MATEMATIKA DI KELAS V SDIT RABBANI TANAH PATAH KOTA BENGKULU. Undergraduated thesis, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Bengkulu.
Text (Thesis)
I,II,III,3-13-tit.FI.pdf - Bibliography Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons GNU GPL (Software). Download (4MB) |
|
Text (Thesis)
IV,V,LAMP,3-13-tit.FI.pdf - Bibliography Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons GNU GPL (Software). Download (4MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar matematika di kelas V SDIT Rabbani Kota Bengkulu melalui menerapkan Pendekatan Open-Ended. Jenis penelitian tindakan kelas dilaksanakan dalam 2 siklus, setiap siklus terdiri dari 4 tahap. Instrumen yang digunakan terdiri dari lembar observasi guru dan siswa, lembar penilaian afektif dan psikomotor dan lembar tes. Dari analisis data menunjukkan pada siklus I diperoleh nilai rata-rata skor observasi guru sebesar 27 dengan kriteria cukup, meningkat pada siklus II rata-rata skor observasi guru meningkat sebesar 36 dengan kriteria baik, pada ratarata skor observasi siswa sebesar 25 dengan kriteria cukup,meningkat pada siklus II dengan rata-rata skor observasi siswa meningkat sebesar 35,5 dengan kriteria baik. Hasil belajar ranah kognitif diperoleh nilai tes pada siklus I dengan rata-rata 6,44 ketuntasan belajar klasikal 44,4% meningkat pada siklus II menjadi nilai rata-rata 8,6 dengan ketuntasan belajar klasikal 99,9%. Pada lembar penilaian afektif pada nilai rata-rata aspek “menerima” mengalami peningkatan dari 11,1 % pada siklus I menjadi 66,6% pada siklus ke II, aspek “menanggapi” mengalami peningkatan dari 11,1% pada siklus I menjadi 66,6% pada siklus II, aspek “menilai” mengalami peningkatan dari 11,1% pada siklus I menjadi 77,7% pada siklus II, aspek “mengelola” mengalami peningkatan dari 11,1% pada siklus I menjadi 66,6% pada siklus II, aspek “menghayati” mengalami peningkatan dari 11,1% pada siklus I menjadi 77,7% pada siklus II. Pada penilaian psikomotor, aspek “menirukan” mengalami peningkatan dari 33,3% pada siklus I menjadi 55,5% pada siklus ke II, aspek “manipulasi” mengalami peningkatan dari 11,1% pada siklus I menjadi 66,6% pada siklus II, aspek “pengalamiahan” mengalami peningkatan dari 11,1% pada siklus I menjadi 88,8% pada siklus II, aspek “artikulasi” mengalami peningkatan dari 11,1% pada siklus I menjadi 88,8% pada siklus II. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa dengan menerapkan pendekatan Open-Ended dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas V SDIT Rabbani Tanah Patah Kota Bengkulu.
Item Type: | Thesis (Undergraduated) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Faculty of Education > Department of Elementary School Teacher Education |
Depositing User: | 021 Nanik Rachmawati |
Date Deposited: | 08 Jan 2014 10:39 |
Last Modified: | 08 Jan 2014 10:39 |
URI: | http://repository.unib.ac.id/id/eprint/6218 |
Actions (login required)
View Item |