PENINGKATAN HASIL PEMBELAJARAN MATEMATIKA PADA MATERI MEMECAHKAN MASALAH PERBANDINGAN DAN SKALA MELALUI MEDIA PETA WILAYAH (PTK di Kelas V SDN 04 Ujan Mas Kabupaten Kepahiang – Bengkulu)

S u m as n i, S u m as n i and Sri , Dadi and Resnani, Resnani (2013) PENINGKATAN HASIL PEMBELAJARAN MATEMATIKA PADA MATERI MEMECAHKAN MASALAH PERBANDINGAN DAN SKALA MELALUI MEDIA PETA WILAYAH (PTK di Kelas V SDN 04 Ujan Mas Kabupaten Kepahiang – Bengkulu). Undergraduated thesis, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Bengkulu.

[img] Text (Thesis)
I,II,III,3-13-sum.FI.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (15MB)
[img] Text (Thesis)
IV,V,LAMP,3-13-sum.FI.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (15MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) meningkatkan aktivitas pembelajaran Matematika pada Materi Memecahkan Masalah Perbandingan Dan Skala Melalui Media Peta Wilayah di kelas V SD Negeri 04 Ujan Mas Kepahiang dengan menerapkan pendekatan pemecahan masalah, (2) untuk meningkatkan hasil belajar Matematika pada Materi Memecahkan Masalah Perbandingan Dan Skala Melalui Media Peta Wilayah di kelas V SD Negeri 04 Ujan Mas Kepahiang melalui pendekatan pemecahan masalah. Penelitian ini menggunakan Penelitain Tindakan Kelas (PTK). Pelaksanan dilaksanakan dalam dua siklus, setiap siklus terdiri dari empat tahap, yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Adapun subjek penelitian yaitu guru dan siswa di Kelas V SD Negeri 04 Ujan Mas Kepahiang yang berjumlah 32 orang siswa., Instrumen penelitian penelitian ini terdiri dari lembar observasi dan lembar tes. Data yang dianalisis dengan rata-rata skor, skor tertinggi, skor terendah, selisih skor, dan kisaran untuk tiap kriteria. yaitu siklus 1 rata- rata skor observasi guru 20,5 termasuk kriteria cukup dan rata- rata skor observasi siswa 17 termasuk kriteri cukup, sedangkan rata-rata nilai siswa tuntas 17 orang dari 32 sebesar 19,06 dan persentase ketuntasan belajar siswa secara klasikal yaitu 53,1 %. Siklus 2 rata-rata skor observasi guru 26,5 termasuk kriteria baik dan siswa 29 dengan kriteria baik. Sedangkan rata-rata nilai siswa 24,10 dan persentase ketuntasan 29 orang dari 32 siswa secara klasikal sebesar 90,6 %. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, maka penerapan metode pemecahan masalah dalam pembelajaran matematika dapat meningkatkan prestasi belajar siswa kelas V SD N 04 ujan mas. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat diambil kesimpulan bahwa penerapan metode pemecahan masalah dalam pembelajaran Matematika Pada Materi Memecahkan Masalah Perbandingan Dan Skala Melalui Media Peta Wilayah dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas V SD Negeri 04 Ujan Mas Kepahiang

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Elementary School Teacher Education
Depositing User: 021 Nanik Rachmawati
Date Deposited: 08 Jan 2014 11:26
Last Modified: 08 Jan 2014 11:26
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/6223

Actions (login required)

View Item View Item