PENERAPAN MODEL KOOPERATIF COURSE REVIEW HORRAY MELALUI METODE EKSPERIMEN UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA DI KELAS IV SD NEGERI 01 BINDURIANG KABUPATEN REJANG LEBONG

Amat, Simbang and V. Karjiati, V. Karjiati and Dalifa, Dalifa (2013) PENERAPAN MODEL KOOPERATIF COURSE REVIEW HORRAY MELALUI METODE EKSPERIMEN UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA DI KELAS IV SD NEGERI 01 BINDURIANG KABUPATEN REJANG LEBONG. Undergraduated thesis, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Bengkulu.

[img] Text (Thesis)
I,II,III,3-13-sim.FI.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (14MB)
[img] Text (Thesis)
IV,V,LAMP,3-13-sim.FI.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (14MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan keaktifan pembelajaran dalam proses pembelajaran IPA di kelas IV SDN 01 Binduriang, Kabupaten Rejang Lebong melalui model kooperatif Course Rreview Horray dan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa dalam proses pembelajaran IPA di kelas IV SDN 01 Binduriang, Kabupaten Rejang Lebong melalui model kooperatif Course Rreview Horray. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas yang berisikan alur penelitian meliputi empat tahapan, dimulai dengan perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan, observasi tindakan dan refleksi. Penelitian ini berlangsung dalam dua siklus. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah dokumentasi, observasi, dan tes. Hasil penelitian tindakan ini dapat disimpulkan: Aktivitas siswa yang meningkat antara siklus I dan siklus II dapat dilihat dari lembar observasi siswa. Pada siklus I nilai rata-rata aktivitas siswa yaitu 21 dengan kriteria cukup dan mengalami peningkatan di siklus II yaitu 31,5 dengan kriteria baik. Hampir disetiap aspek pengamatan mengalami peningkatan, dengan rata-rata pengamat memberikan nilai baik. Peningkatan hasil tes antara siklus I dan siklus II. Di siklus I rata-rata hasil tes siswa yaitu 69,58 dengan presentase ketuntasan klasikal sebanyak 50% mengalami peningkatan di siklus II dengan rata-rata hasil tes siswa yaitu 84,16 dengan presentase ketuntasan secara klasikal 83,3% yang artinya pembelajaran di siklus II dikatakan berhasil sesuai dengan standar ketuntasan belajar secara klasikal yaitu minimal 75% siswa mendaptkan >70.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Elementary School Teacher Education
Depositing User: 021 Nanik Rachmawati
Date Deposited: 08 Jan 2014 12:06
Last Modified: 08 Jan 2014 12:06
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/6227

Actions (login required)

View Item View Item