PENERAPAN MODEL LEARNING CYCLE 5E (ENGAGEMENT, EXPLORATION, EXPLANATION, ELABORATION, AND EVALUATION) BERKOLABORASI DENGAN MODEL PEMECAHAN MASALAH (PTK pada Pembelajaran Matematika sebagai Upaya Peningkatan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa Kelas VA SD Negeri 9 Kota Bengkulu)

Gustina, Selly and Ansyori , Gunawan and Resnani, Resnani (2013) PENERAPAN MODEL LEARNING CYCLE 5E (ENGAGEMENT, EXPLORATION, EXPLANATION, ELABORATION, AND EVALUATION) BERKOLABORASI DENGAN MODEL PEMECAHAN MASALAH (PTK pada Pembelajaran Matematika sebagai Upaya Peningkatan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa Kelas VA SD Negeri 9 Kota Bengkulu). Undergraduated thesis, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Bengkulu.

[img] Text (Thesis)
I,II,III,3-13-sel.FI.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (4MB)
[img] Text (Thesis)
IV,V,LAMP,3-13-sel.FI.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas pembelajaran dan hasil belajar Matematika siswa kelas VA SD Negeri 9 Kota Bengkulu dengan menerapkan model Learning Cycle 5E berkolaborasi dengan model pemecahan masalah. Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus, setiap siklus terdiri dari 4 tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah guru dan siswa kelas VA SD Negeri 9 Kota Bengkulu.Instrumen yang digunakan yaitu lembar observasi guru dan siswa, dan lembar tes serta lembar penilaian afektif dan psikomotor. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, dokumentasi dan tes hasil belajar. Data hasil observasi dianalisis dengan menggunakan skala penilaian. Dari analisis data observasi menunjukkan pada siklus I diperoleh nilai rata-rata skor observasi gurusebesar 32 dengan kriteria cukup, meningkat pada siklus II menjadi43,5 dengan kriteria baik. Pada siklus I diperoleh nilai rata-rata skor observasi siswa sebesar 32 dengan kriteria cukup, meningkat pada siklus II menjadi43 dengan kriteria baik. Data hasil belajar dianalisis dengan menggunakan nilai rata-rata dan ketuntasan belajar klasikal.Hasil analisis ketuntasan belajar klasikal pada siklus I sebesar 61,3% dengan nilai rata-rata 60,5, meningkat pada siklus II sebesar77,4%dengan nilai rata-rata70. Untuk penilaianafektif dan psikomotor diperoleh persentase jumlah siswayang mencapai kategori baik mengalami peningkatan dari siklus I ke siklus II.Dari hasil penelitian dapat diambil kesimpulan bahwa penerapan model Learning Cycle 5E berkolaborasi dengan model pemecahan masalah dapat meningkatkan aktivitas pembelajaran dan hasil belajar Matematika siswa kelas VA SD Negeri 9 Kota Bengkulu.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Elementary School Teacher Education
Depositing User: 021 Nanik Rachmawati
Date Deposited: 08 Jan 2014 12:10
Last Modified: 08 Jan 2014 12:10
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/6228

Actions (login required)

View Item View Item