PENERAPAN PENDEKATAN KONSTRUKTIVISME MELALUI MODELKOOPERATIF TIPE NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA (PTK: Mata Pelajaran IPS di Kelas IVA SDN 60 Kota Bengkulu)

Rika, Purnamasari and Sri , Dadi and Hasnawati, Hasnawati (2013) PENERAPAN PENDEKATAN KONSTRUKTIVISME MELALUI MODELKOOPERATIF TIPE NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA (PTK: Mata Pelajaran IPS di Kelas IVA SDN 60 Kota Bengkulu). Undergraduated thesis, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Bengkulu.

[img] Text (Thesis)
I,II,III,3-13-rik.FI.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (736kB)
[img] Text (Thesis)
IV,V,LAMP,3-13-rik.FI.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas pembelajaran dan hasil belajar IPS siswa dengan menerapkan pendekatan konstruktivisme melalui model kooperatif tipe NHT. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam 2 siklus, setiap siklus terdiri dari 4 tahap yaitu: perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Subyek dalam penelitian ini adalah guru dan siswa kelas IVA SDN 60 Kota Bengkulu. Instrumen yang digunakan terdiri dari observasi dan tes. Teknik pengumpulan data penelitian ini, yaitu lembar observasi guru, observasi siswa, lembar tes kognitif, lembar penilaian afektif dan penilaian psikomotor. Data observasi dianalisis menggunakan kriteria dan skor pengamatan, data tes dianalisis melalui rata-rata nilai dan persentase ketuntasan klasikal. Hasil analisis meliputi: (1) Aktivitas pembelajaran; (a) Aktivitas guru siklus I diperoleh rata-rata 48 kategori cukup, meningkat siklus II sebesar 58,5 kategori baik, (b) Aktivitas siswa siklus I diperoleh rata-rata 48,5 kategori cukup, meningkat siklus II sebesar 58,5 kategori baik. (2) Hasil belajar ; (a) Kognitif: rata-rata nilai LDS siklus I sebesar 67 dengan ketuntasan belajar 50%, meningkat siklus II sebesar 84,4 ketuntasan belajar 100%. Rata-rata nilai tes siklus I sebesar 67,16 ketuntasan belajar 70%, meningkat siklus II sebesar 78 ketuntasan belajar 90%, (b) Afektif siklus I diperoleh 9 siswa kategori baik skor rata-rata 11,3, meningkat siklus II diperoleh 25 siswa kategori baik rata-rata skor 13,46, (c) Psikomotor siklus I diperoleh 7 siswa kategori baik skor rata-rata 6,16, meningkat siklus II diperoleh 24 siswa kategori baik skor ratarata 7,83. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa penerapan pendekatan konstruktivisme melalui model kooperatif tipe NHT dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar IPS siswa kelas IVA SDN 60 Kota Bengkulu.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Elementary School Teacher Education
Depositing User: 021 Nanik Rachmawati
Date Deposited: 08 Jan 2014 12:31
Last Modified: 08 Jan 2014 12:31
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/6231

Actions (login required)

View Item View Item