PENERAPAN MODEL COOPERATIVE LEARNING MELALUI TIPE INDEX CARD MATCH UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN (Penelitian Tindakan Kelas VD SDN 05 Kota Bengkulu)

Widiya, Renti and Daimun , Hambali and Wurjinem, Wurjinem (2013) PENERAPAN MODEL COOPERATIVE LEARNING MELALUI TIPE INDEX CARD MATCH UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN (Penelitian Tindakan Kelas VD SDN 05 Kota Bengkulu). Undergraduated thesis, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Bengkulu.

[img] Text (Thesis)
I,II,III,3-13-ren.FI.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (3MB)
[img] Text (Thesis)
IV,V,LAMP,3-13-ren.FI.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas pembelajaran dan kemampuan membaca pemahaman pada mata pelajaran Bahasa Indonesia dengan menerapkan Model Cooperative Learning tipe ICM.Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam 2 siklus, setiap siklus terdiri dari 4 tahap yaitu: perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subyek dalam penelitian ini adalah guru dan siswa kelas Vd SDN 05 Kota Bengkulu. Instrumen yang digunakan terdiri atas observasi dan tes. Teknik pengumpulan data penelitian ini, yaitu lembar observasi guru, observasi siswa, lembar tes kognitif, lembar penilaian afektif dan penilaian psikomotor. Data observasi dianalisis menggunakan kriteria dan skor pengamatan, data tes dianalisis melalui rata-rata nilai dan persentase ketuntasan klasikal. Hasil analisis meliputi: (1) aktivitas pembelajaran; (a) aktivitas guru siklus I diperoleh rata-rata 37,5 kategori cukup, meningkat siklus II sebesar 46,5 kategori baik, (b) aktivitas siswa siklus I diperoleh rata-rata 37,5 kategori cukup, meningkat siklus II sebesar 46,5 kategori baik. (2) Hasil belajar ; (a) Kognitif: rata-rata nilai tes siklus I sebesar 58,90ketuntasan belajar 62,50%, meningkat siklus II sebesar 76,0 ketuntasan belajar 84,3%, (b) Afektif siklus I diperoleh 15 siswa kategori baik skor rata-rata 6,31 meningkat siklus II diperoleh 28 siswa kategori baik rata-rata skor 7,68, (c) Psikomotor siklus I diperoleh 15 siswa kategori baik skor rata-rata 6,65, meningkat siklus II diperoleh 28 siswa kategori baik skor rata-rata 7,84. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa penerapan model cooperative learning melalui tipe index card match dapat meningkatkan aktivitas dan kemampuan membaca pemahaman siswa kelas VD SDN 05 Kota Bengkulu.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Elementary School Teacher Education
Depositing User: 021 Nanik Rachmawati
Date Deposited: 08 Jan 2014 13:01
Last Modified: 08 Jan 2014 13:01
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/6234

Actions (login required)

View Item View Item