HUBUNGAN KETERAMPILAN GURU DALAM MEMBERIKAN PENGUATAN (REINFORCEMENT)DAN MOTIVASI BELAJAR DENGAN HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN IPS (KELAS IV B SD IT IQRA’ 1 KOTA BENGKULU)

Saputra, Rahmat Eka and Wurjinem, Wurjinem and Daimun , Hambali (2013) HUBUNGAN KETERAMPILAN GURU DALAM MEMBERIKAN PENGUATAN (REINFORCEMENT)DAN MOTIVASI BELAJAR DENGAN HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN IPS (KELAS IV B SD IT IQRA’ 1 KOTA BENGKULU). Undergraduated thesis, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Bengkulu.

[img] Text (Thesis)
I,II,III,3-13-rah.FI.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (17MB)
[img] Text (Thesis)
IV,V,LAMP,3-13-rah.FI.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (17MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan keterampilan guru dalam memberikan penguatan dan motivasi belajar dengan hasil belajar siswa pada pembelajaran IPS di kelas IV B SD IT IQRA’ 1 Kota Bengkulu. Penelitian ini merupakan jenis penelitian korelasional. Instrumen penelitian berupa angket.Teknik pengumpulan data melalui angket keterampilan guru dalam memberikan penguatan dan angket motivasi belajar siswa. Teknik analisis data untuk menguji hipotesis pertama dan kedua dilakukan dengan perhitungan statistik korelasi product moment, sedangkan untuk menguji hipotesis ketiga menggunakan rumus korelasi ganda. Hasil dari uji validitas angket keterampilan guru dalam memberikan penguatan diperoleh 31 item instrumen yang dinyatakan valid dari 50 item instrumen yang diujicobakan. Hasil dari uji reliabilitas diperoleh nilai r11 sebesar 0,90. Sedangkan hasil dari uji validitas angket motivasi belajar siswa diperoleh 32 item instrumen yang dinyatakan valid dari 50 item instrumen yang diujicobakan. Hasil dari uji reliabilitas diperoleh nilai r11 sebesar 0,93. Hasil pengujian hipotesis pertama, terdapat hubungan yang signifikan keterampilan guru dalam memberi penguatan dengan hasil belajar. Hal ini diperoleh rhitung sebesar 0,742 ≥ rtabel 0,374 menunjukan bahawa hipotesis pertama diterima dengan signifikansi (α) = 5 % thitung ≥ ttabel (5,646 ≥ 1,706) menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan. Sedangkan untuk uji hipotesis kedua terdapat hubungan yang signifikan motivasi belajar dengan hasil belajar siswa yang diperoleh, rhitung sebesar 0,779 ≥ rtabel 0,374 menunjukkan bahwa hipotesis kedua diterima dengan signifikansi (α) = 5 % thitung ≥ ttabel (6,334 ≥ 1,706) menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan.. Sedangkan untuk hipotesis ketiga terdapat hubungan yang signifikan antara keterampilan guru dalam memberikan penguatan dan motivasi belajar dengan hasil belajar siswa pada pembelajaran IPS di kelas IV B SD IT IQRA’ 1 Kota Bengkulu. Hal ini diperoleh rhitung sebesar 0,798 ≥ rtabel 0,374 dan n = 28. Diketahui bahwa nilai ritung ≥ rtabel, maka dinyatakan bahwa hipotesis yang diajukan oleh peneliti diterima dengan signifikansi (α) = 5 % Fhitung ≥ Ftabel (22,71 ≥ 3,38) menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan..

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Elementary School Teacher Education
Depositing User: 021 Nanik Rachmawati
Date Deposited: 08 Jan 2014 13:34
Last Modified: 08 Jan 2014 13:34
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/6236

Actions (login required)

View Item View Item