MENINGKATKAN MINAT MEMBACA DENGAN MENGGUNAKAN METODE SQ3R DALAM MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS IV DI SDN 04 CURUP TAHUN PELAJARAN 2012/2013

Huda, Nurul and I Wayan , Dharmayana and Norman, Syam (2013) MENINGKATKAN MINAT MEMBACA DENGAN MENGGUNAKAN METODE SQ3R DALAM MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS IV DI SDN 04 CURUP TAHUN PELAJARAN 2012/2013. Undergraduated thesis, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Bengkulu.

[img] Text (Thesis)
IV,V,LAMP,3-13-nur.FI.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (19MB)
[img] Text (Thesis)
I,II,III,3-13-nur.FI.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (19MB)

Abstract

Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimana pelaksanaan pembelajaran untuk meningkatkan aktivitas membaca dengan menggunakan metode SQ3R pada mata pelajaran Bahasa Indonesia di kelas IV SDN 04 Curup ? (2). Apakah penggunaaan metode SQ3R pada mata pelajaran Bahasa Indonesia dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SDN 04 Curup? Penelitian ini bertujuan mengetahui pelaksanaan pembelajaran untuk meningkatkan minat membaca dengan menggunakan metode SQ3R pada mata pelajaran Bahasa Indonesia di kelas IV SDN 04 Curup dan mengetahui penggunaan metode SQ3R pada mata pelajaran Bahasa Indonesia dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SDN 04 Curup. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas, yang dilaksanakan sebanyak 2 sikus, tiap siklus terdiri dari 4 tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, refleksi. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan data observasi dan data tes. Data observasi dianalisis dengan criteria rata- rata skor, data tes dianalisis dengan menggunakan rata- rata nilai dan prosentase ketuntasan belajar klasikal. Hasil yang diperoleh pada penelitian ini adalah pada siklus I persentase ketuntasan belajar 61,76% dan pada siklus II prosentase ketuntasan belajar klasikal 94,1% dengan nilai rata- rata skor observasi siswa siklus I sebesar 25 dengan criteria cukup serta pada siklus II dengan skor 48,5 dengan skor baik.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Elementary School Teacher Education
Depositing User: 021 Nanik Rachmawati
Date Deposited: 08 Jan 2014 13:48
Last Modified: 08 Jan 2014 13:48
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/6237

Actions (login required)

View Item View Item