PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS KARANGAN NARASI MELALUI PENGGUNAAN MEDIA GAMBAR SERI PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI 04 UJAN MAS KEPAHIANG

Laynah, Nemi and Sri , Dadi and Resnani, Resnani (2013) PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS KARANGAN NARASI MELALUI PENGGUNAAN MEDIA GAMBAR SERI PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI 04 UJAN MAS KEPAHIANG. Undergraduated thesis, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Bengkulu.

[img] Text (Thesis)
IV,V,LAMP,3-13-nem.FI.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (22MB)
[img] Text (Thesis)
I,II,III,3-13-nem.FI.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (22MB)

Abstract

Penelitia ini bertujuan untuk (1) meningkatkan kualitas proses pembelajaran menulis karangan narasi melalui penggunaan media gambar seri di kelas IV SD Negeri 04 Ujan Mas Kepahiang, (2) untuk meningkatkan kemampuan menulis karangan narasi melalui penggunaan media gambar seri di kelas IV SD Negeri 04 Ujan Mas Kepahiang. Penelitian ini menggunakan Penelitain Tindakan Kelas (PTK). Pelaksanaan dilaksanakan dalam dua siklus, setiap siklus terdiri dari empat tahap, yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi Adapun subjek penelitian yaitu guru dan siswa di Kelas IV SD Negeri 04 Ujan Mas Kepahiang yang berjumlah 28 orang siswa.. Instrumen penelitian penelitian ini terdiri dari lembar observasi dan lembar tes. Data yang dianalisis dengan rata-rata skor, skor tertinggi, skor terendah, selisih skor, dan kisaran untuk tiap kriteria. Sedangkan data tes dianalisis dengan menggunkan rata-rata dan persentase ketuntasan belajar. Hasil yang dicapai dalam penelitian ini adalah siklus I rata-rata aktivitas guru 31,5 dengan kriteria baik, rata-rata aktivitas siswa 27 dengan kriteria cukup, dan nilai ratarata tes menulis karangan narasi siklus I adalah 65,68 dengan ketuntasan belajar 12 dari 28 orang siswa, sebesar 42,86%. Pada siklus II rata-rata skor aktivitas guru meningkat menjadi 34,5 dengan kriteria baik, rata-rata skor aktivitas siswa meningkat menjadi 30 dengan kiteria baik , dan nilai rata-rata tes menulis karangan narasi 74,68 dengan ketuntasan belajar 24 dari 28 orang siswa, sebesar 85,71%. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat diambil kesimpulan bahwa penerapan penggunaan media gambar seri dalam pembelajaran menulis karangan narasi dapat meningkatkan kemampuan pembelajaran Bahasa Indonesia kelas IV SD Negeri 04 Ujan MasKepahiang

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Elementary School Teacher Education
Depositing User: 021 Nanik Rachmawati
Date Deposited: 09 Jan 2014 10:54
Last Modified: 09 Jan 2014 10:54
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/6242

Actions (login required)

View Item View Item