PENERAPAN METODE BRAINSTORMING GROUP DAN ROLE PLAYINGDALAM PEMBELAJARAN PKN UNTUK MEMBANGUN RASAHORMAT DAN HASIL BELAJAR (PTK DI KELAS VA SD NEGERI 25 KOTA BENGKULU)

Kusuma, Dita Narendra and Sri , Ken Kustianti and Lukman, Lukman (2013) PENERAPAN METODE BRAINSTORMING GROUP DAN ROLE PLAYINGDALAM PEMBELAJARAN PKN UNTUK MEMBANGUN RASAHORMAT DAN HASIL BELAJAR (PTK DI KELAS VA SD NEGERI 25 KOTA BENGKULU). Undergraduated thesis, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Bengkulu.

[img] Text (Thesis)
IV,V,LAMP,3-13-nar.FI.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (6MB)
[img] Text (Thesis)
I,II,III,3-13-nar.FI.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar PKn siswa kelas VA SD Negeri 25 Kota Bengkulu dengan menerapkan Penerapan Metode Brainstorming Group Dan Role Playing. Penelitian yang dilakukan adalah Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research) yang dilaksanakan sebanyak dua siklus, setiap siklus melalui tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Subyek penelitian ini adalah guru PKn dan Siswa kelas VA SD Negeri 25 Kota Bengkulu. Instrumen yang digunakan yakni lembar observasi dan Lembar Tes. Teknik analisis data menggunakan rumus ratarata nilai dan persentase ketuntasan belajar klasikal, sedangkan data observasi dianalisis dengan rata-rata skor, skor tertinggi, skor terendah, selisih skor dan kisaran nilai untuk tiap kriteria. Hasil yang dicapai pada penelitian ini yakni: Siklus 1 diperoleh nilai rata-rata lembar observasi aktivitas guru sebesar 34,5 kategori Cukup (C), nilai rata-rata lembar observasi aktivitas siswa sebesar 33,75 kategori Cukup (C), dan siklus II nilai rata-rata lembar observasi aktivitas guru sebesar 44,75 kategori Baik (B), nilai rata-rata lembar observasi aktivitas siswa sebesar 42,5 kategori Baik (B). Nilai rata-rata tes siklus 1 yakni 70,22, ketuntasan belajar klasikal sebesar 66,67 dan Nilai rata-rata tes siklus II yakni 81,36, ketuntasan belajar klasikal sebesar 87,88%. Rata-rata persentase aspek afektif pada siklus I sebesar 30,90%, Kemudian meningkat pada siklus II sebesar 61,81%. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa Penerapan Metode Brainstorming Group Dan Role Playing dapat meningkatkan aktivitas, membangun Rasa Hormat dan meningkatkan hasil belajar pada mata pelajaran PKn siswa kelas VA SD Negeri 25 Kota Bengkulu.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Elementary School Teacher Education
Depositing User: 021 Nanik Rachmawati
Date Deposited: 09 Jan 2014 11:00
Last Modified: 09 Jan 2014 11:00
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/6243

Actions (login required)

View Item View Item