PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI METODE BERMAIN PERAN PADA PELAJARAN IPS DI KELAS IV SD NEGERI 10 CURUP KOTA REJANG LEBONG

Aida , Misfatul and Sri , Dadi and Resnani, Resnani (2013) PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI METODE BERMAIN PERAN PADA PELAJARAN IPS DI KELAS IV SD NEGERI 10 CURUP KOTA REJANG LEBONG. Undergraduated thesis, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Bengkulu.

[img] Text (Thesis)
I,II,III,3-13-mis.FI.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (15MB)
[img] Text (Thesis)
IV,V,LAMP,3-13-mis.FI.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (14MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar dan aktivitas pembelajaran siswa dengan menerapkan metode bermain peran. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Subyek dalam penelitian ini adalah guru dan siswa SD Negeri 10 Curup Kota yang berjumlah 19 orang. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar observasi, tes, dan dokomentasi.Dari hasil penelitian dapat dilihat jumlah siswa yang hasil belajarnya meningkat semakin banyak, yaitu pada siklus I siswa yang berhasil menuntaskan materi sebanyak 12 orang dengan ketuntasan klasikal 63,2%, pada siklus II meningkat menjadi 18 orang siswa dengan ketuntasan klasikal sebesar 94,74%. Demikian juga dengan aktifitas guru dan siswa yang pada siklus I sama-sama dengan kategori cukup, pada siklus II meningkat menjadi kategori baik. Dengan demikian dapat dikatakan bahwa ada peningkatan hasil belajar siswa setelah diterapkan metode bermain peran.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Elementary School Teacher Education
Depositing User: 021 Nanik Rachmawati
Date Deposited: 09 Jan 2014 11:12
Last Modified: 09 Jan 2014 11:12
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/6245

Actions (login required)

View Item View Item