PENERAPAN MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE THINK PAIR SHARE (TPS) UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS PEMBELAJARAN, HASIL BELAJAR, DAN MENGEMBANGKAN NILAI KARAKTER SISWA PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA KELAS VI B SD NEGERI 20 KOTA BENGKULU

Hartati, Meri and V. Karjiati, V. Karjiati and Dalifa, Dalifa (2013) PENERAPAN MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE THINK PAIR SHARE (TPS) UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS PEMBELAJARAN, HASIL BELAJAR, DAN MENGEMBANGKAN NILAI KARAKTER SISWA PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA KELAS VI B SD NEGERI 20 KOTA BENGKULU. Undergraduated thesis, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Bengkulu.

[img] Text (Thesis)
I,II,III,3-13-mer.FI.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (6MB)
[img] Text (Thesis)
IV,V,LAMP,3-13-mer.FI.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas pembelajaran, hasil belajar dan mengembangkan nilai karakter siswa pada pembelajaran Matematika. Subyek penelitian adalah guru dan siswa kelas VI B SD Negeri 20 Kota Bengkulu yang berjumlah 32 orang. Instrumen penelitian berupa lembar observasi dan lembar tes. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan tes dengan teknik analisis data observasi, data hasil belajar, dan data penilaian karakter. Hasil yang dicapai dalam penelitian ini adalah siklus I diperoleh nilai rata-rata skor observasi aktivitas guru 30 kategori cukup, siklus II meningkat menjadi 33 dalam kategori baik. Siklus I diperoleh nilai rata-rata skor observasi aktivitas siswa 29 kategori cukup, siklus II meningkat menjadi 31,5 kategori baik. Ketuntasan belajar secara klasikal siklus I sebesar 62,5% dan nilai rata-rata 6,9. Siklus II ketuntasan belajar secara klasikal meningkat menjadi 87,5% dan nilai rata-rata meningkat menjadi 7,6. Hasil belajar ranah psikomotor aspek menirukan siklus I 50,0% siklus II meningkat menjadi 64,5, manipulasi siklus I 48,4% siklus II meningkat menjadi 64,5%, pengalamiahan siklus I 43,7% siklus II meningkat menjadi 72,5%, artikulasi siklus I 50,0% siklus II meningkat menjadi 71,0%. Perkembangan karakter siswa mendapat persentase terbesar kategori mulai berkembang yaitu nilai rasa ingin tahu dan niali disiplin 58,1%, persentase terendah nilai kerja keras yaitu 43,5%. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa model cooperative learning tipe TPS dapat meningkatkan aktivitas pembelajaran, hasil belajar dan mengembangkan nilai karakter siswa pada pembelajaran Matematika kelas VI B SD Negeri 20 Kota Bengkulu.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Elementary School Teacher Education
Depositing User: 021 Nanik Rachmawati
Date Deposited: 09 Jan 2014 11:22
Last Modified: 09 Jan 2014 11:22
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/6247

Actions (login required)

View Item View Item