PENERAPAN MODEL LEARNING CYCLE 5E MELALUI MODEL KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEADS TOGETHER (Upaya Peningkatan Aktivitas Dan Hasil Belajar Siswa Kelas VD SDN 05 Kota Bengkulu Pada Mata Pelajaran IPA)

Sari, Meni Prima and Endang , Widi Winarni and Wurjinem, Wurjinem (2013) PENERAPAN MODEL LEARNING CYCLE 5E MELALUI MODEL KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEADS TOGETHER (Upaya Peningkatan Aktivitas Dan Hasil Belajar Siswa Kelas VD SDN 05 Kota Bengkulu Pada Mata Pelajaran IPA). Undergraduated thesis, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Bengkulu.

[img] Text (Thesis)
IV,V,LAMP,3-13-men.FI.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (7MB)
[img] Text (Thesis)
I,II,III,3-13-men.FI.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (7MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswamelalui Penerapan model Learning Cycle 5E melalui model kooperatif tipe NHTpada siswa kelas VD SDN 05 Kota Bengkulu. Jenis penlitian ini adalah PenelitianTindakan Kelas (PTK). Subjek penelitian ini adalah guru dan siswa kelas VD SDN 05 Kota Bengkulu pada semester I tahun pelajaran 2013/2014. Instrumenyang digunakan yaitu lembar observasi dan lembar tes. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, tes. Data observasi dianalisis dengan rata-rataskor, skor tertinggi, skor terendah, selisih skor, dan kisaran untuk tiap kriteriasedangkan data tes dianalisis dengan menggunakan rumus rata-rata nilai dan persentase ketuntasan belajar klasikal. Hasil yang dicapai dalam penelitian iniadalah, siklus I diperoleh rata-rata observasi aktivitas guru 42,25 kategori baik, siklus II 47,25 kategori baik. Rata-rata observasi aktivitas siswa siklus I 37,12 kategori cukup, siklus II 47 kategori baik. Siklus I diperoleh rata-rata tes 6,90 dengan ketuntasan belajar klasikal 68,75%, siklus II rata-rata tes 8,12 dengan ketuntasan belajar klasikal 87,5%. Rata-rata persentase aspek afektif untuk aspekmengelola siklus I 31,24%, siklus II 64,06%, aspek menghayati siklus I 29,68%, siklus II 67,18%, aspek menanggapi siklus I 32,81%, siklus II 60,93%., aspek menerima siklus I 37,50%, sisklus II 68,75%. Rata-rata persentase aspekpsikomotor aspek menirukan siklus I 34,37%, siklus II 67,18%, aspek artikulasisiklus I 35,93%, siklus II 62,49%, aspek memanipulasi siklus I 44,37%, siklus II64,06%. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Learning Cycle 5E melalui model kooperatif tipe NHT dapatmeningkatkan aktivitas pembelajaran dan hasil belajar siswa pada Kelas VD SDN05 Kota Bengkulu.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Elementary School Teacher Education
Depositing User: 021 Nanik Rahmawati
Date Deposited: 09 Jan 2014 11:29
Last Modified: 09 Jan 2014 11:29
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/6248

Actions (login required)

View Item View Item