UPAYA MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR TENTANG SIFAT-SIFAT BANGUN RUANG MELALUI MODEL KONSTRUKTIVISME DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR NEGERI 16 SELUPU REJANG

Masliamin, Masliamin and V. Karjiati, V. Karjiati and Dalifa, Dalifa (2013) UPAYA MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR TENTANG SIFAT-SIFAT BANGUN RUANG MELALUI MODEL KONSTRUKTIVISME DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR NEGERI 16 SELUPU REJANG. Undergraduated thesis, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Bengkulu.

[img] Text (Thesis)
I,II,III,3-13-mas.FI.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (18MB)
[img] Text (Thesis)
IV,V,LAMP,3-13-mas.FI.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (18MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Matematika dengan menerapkan model Konstruktivisme. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas yang dilaksanakan di kelas IV SDN 16 Selupu Rejang. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus, setiap siklus terdiri dari 4 tahap yaitu tahap perencanaan, tahap pelaksanaan tindakan, tahap observasi, dan tahap refleksi. Instrumen yang digunakan terdiri dari lembar observasi guru dan siswa. Data tes dianalisis dengan menggunakan rata-rata nilai dan persentase ketuntasan belajar klasikal. Dari analisis data menunjukkan pada siklus I diperoleh nilai rata-rata skor observasi guru sebesar 21,5 dengan kategori cukup, pada siklus II meningkat sebesar 29 dengan kategori baik. Pada siklus I diperoleh nilai rata-rata skor observasi siswa sebesar 21 dengan kategori cukup, pada siklus II meningkat menjadi 28,5 dengan kategori baik. Hasil analisis ketuntasan belajar secara klasikal pada siklus I sebesar 37,5% dengan nilai ratarata 64,4 pada siklus II meningkat menjadi 100% dengan nilai rata-rata 78,1. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa Penerapan model Konstruktivisme dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas IV SDN 16 Selupu Rejang.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Elementary School Teacher Education
Depositing User: 021 Nanik Rachmawati
Date Deposited: 09 Jan 2014 11:38
Last Modified: 09 Jan 2014 11:38
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/6249

Actions (login required)

View Item View Item