STUDI KOMPARASI HASIL BELAJAR PKn YANG MENGGUNAKAN MODEL COOPERATIF LEARNING PADA SISWA KELAS IV SDN 74 KOTA BENGKULU

Lofty, Dwi Jayanti and Puspa , Djuwita and Resnani, Resnani (2013) STUDI KOMPARASI HASIL BELAJAR PKn YANG MENGGUNAKAN MODEL COOPERATIF LEARNING PADA SISWA KELAS IV SDN 74 KOTA BENGKULU. Undergraduated thesis, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Bengkulu.

[img] Text (Thesis)
IV,V,LAMP,3-13-lof.FI.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (9MB)
[img] Text (Thesis)
I,II,III,3-13-lof.FI.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (9MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar PKn yang menggunakan model cooperatif learning tipe Think Pair Share (TPS) dengan tipe Example Non Example (ENE) pada kelas IV SDN 74 Kota Bengkulu. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu. Populasi adalah seluruh siswa kelas IV SDN 74 Kota Bengkulu dan yang menjadi sampel adalah kelas IVB sebagai kelas eksperimen I yang menggunakan model cooperatif learning tipe TPS, dan kelas IVC sebagai kelas eksperimen II yang menggunakan model cooperatif learning tipe ENE dengan yang terpilih melalui uji homogenitas. Instrumen penelitian yang digunakan adalah soal tes berbentuk objektif yang terdiri dari 25 butir soal untuk aspek kognitif, serta menggunakan lembar afektif dan psikomotor. Analisa data yang digunakan adalah uji normalitas, uji homogenitas, dan uji-t. Berdasarkan analisis data penelitian dari uji-t yang diperoleh t hitung aspek kognitif sebesar 0,9, t aspek afektif sebesar 1,54, dan t hitung hitung aspek psikomotor sebesar 1,25. Dengan rata-rata t keseluruhan hasil belajar pada uji-t sebesar 1,23. Nilai tersebut selanjutnya dibandingkan dengan nilai t tabel dengan dk n +n 12 hitung -2 = 26+26-2 = 50 maka dapat diketahui t dengan α = 5% sebesar 1,671, berarti t hitung < t sehingga H tabel0 tabel diterima dan Ha ditolak. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa tidak terdapat perbedaan hasil belajar PKn yang menggunakan model cooperatif leraning tipe TPS dengan hasil belajar PKn yang menggunakan tipe ENE.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Elementary School Teacher Education
Depositing User: 021 Nanik Rachmawati
Date Deposited: 09 Jan 2014 12:01
Last Modified: 09 Jan 2014 12:01
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/6252

Actions (login required)

View Item View Item