ANALISIS KESALAHAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL CERITA MATEMATIKA YANG BERHUBUNGAN DENGAN OPERASI HITUNG PECAHAN DI KELAS VA SD NEGERI 65 KOTA BENGKULU

Putra, Kuswandi Adi and V. Karjiati, V. Karjiati and Dalifa, Dalifa (2013) ANALISIS KESALAHAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL CERITA MATEMATIKA YANG BERHUBUNGAN DENGAN OPERASI HITUNG PECAHAN DI KELAS VA SD NEGERI 65 KOTA BENGKULU. Undergraduated thesis, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Bengkulu.

[img] Text (Thesis)
IV,V,LAMP,3-13-kus.FI.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (34MB)
[img] Text (Thesis)
I,II,III,3-13-kus.FI.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (34MB)

Abstract

Skripsi ini bertujuan untuk menganalisis kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal cerita matematika. Jenis penelitian adalah deskriptif kualitatif. Populasi dan sampel adalah seluruh siswa kelas VA dan kelas VB SD Negeri 65 Kota Bengkulu, dan yang menjadi penentuan populasi dari penelitian ini yaitu kelas VA SD Negeri 65 Kota Bengkulu yang berjumlah 33 siswa. Teknik pengumpulan data adalah dokumentasi berupa soal tes yang berhubungan dengan soal cerita pecahan yang telah dikerjakan siswa. Instrumen penelitian adalah tes soal cerita pecahan. Teknik Analisis data adalah statistik deskriptif menganalis data dengan cara mendeskripsikan kesalahan siswa menyelesaikan soal cerita. Data Hasil penelitian berupa bentuk-bentuk kesalahan siswa yang terjadi pada tiap aspek yaitu: Pertama adalah memahami soal yaitu menuliskan hal yang diketahui dan ditanyakan: tidak menuliskan sama sekali, tidak lengkap, persis dengan soal, menuliskan hal diketahui pada hal ditanyakan memiliki sebanyak 106 kesalahan. Kedua, membuat model matematika yaitu: tidak membuat model matematika, model tidak tepat sebanyak 81 kesalahan. Ketiga, melakukan perhitungan yaitu: Tidak mengikuti prosedur, perhitungan tidak tepat sebanyak 92 kesalahan. Keempat, dalam menarik kesimpulan: Tidak sesuai dengan konteks jawaban, tidak menuliskan sama sekali, sama persis dengan pertanyaan sebanyak 142 kesalahan. Hasil penelitian selanjutnya adalah kesalahan terbanyak yang terjadi, yaitu: X, kesalahan memahami soal terjadi 106 kesalahan (40,09%). hasil perhitungan. X21, membuat model matematika yaitu 81 kesalahan (30,63%). X, melakukan perhitungan : terdapat 92 kesalahan (34,85%),. X43, aspek menarik kesimpulan terjadi 142 kesalahan (53,74%).

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Elementary School Teacher Education
Depositing User: 021 Nanik Rachmawati
Date Deposited: 09 Jan 2014 12:21
Last Modified: 09 Jan 2014 12:21
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/6254

Actions (login required)

View Item View Item