PENERAPAN PENDEKATAN KONSTRUKTIVISME MELALUI MODEL KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE (TPS) UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA (PTK: Mata Pelajaran IPA di Kelas VA SDN 60 Kota Bengkulu)

Arifin, Helen and Endang , Widi Winarni and Sri , Ken Kustianti (2013) PENERAPAN PENDEKATAN KONSTRUKTIVISME MELALUI MODEL KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE (TPS) UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA (PTK: Mata Pelajaran IPA di Kelas VA SDN 60 Kota Bengkulu). Undergraduated thesis, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Bengkulu.

[img] Text (Thesis)
I,II,III,3-13-hel.FI.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (11MB)
[img] Text (Thesis)
IV,V,LAMP,3-13-hel.FI.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (11MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas pembelajaran dan hasil belajar IPA melalui penerapan pendekatan konstruktivisme melalui model kooperatif tipe TPS pada siswa kelas VA SDN 60 Kota Bengkulu. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek penelitian ini adalah guru dan siswa kelas VA SDN 60 Kota Bengkulu. Instrumen yang digunakan yaitu lembar observasi dan lembar tes. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi dan tes. Data observasi dianalisis dengan rata-rata skor, skor tertinggi , skor terendah, selisih skor dan kisaran untuk tiap kriteria, sedangkan data tes dianalisis dengan menggunakan rumus rata-rata nilai dan persentase ketuntasan belajar klasikal. Hasil yang dicapai dalam penelitian ini adalah, siklus I diperoleh rata-rata observasi aktiviats guru 39,5 kategori cukup, siklus II 48 kategori baik. Rata-rata obeservasi aktivitas siswa siklus I 37,5 kategori cukup, siklus II 47,5 kategori baik. Siklus I diperoleh rata-rata tes 64,83 dengan ketuntasan belajar klasikal 70%, siklus II rata-rata tes 78,44 dengan ketuntasan belajar klasikal 86,66%. Rata-rat persentase aspek afektif untuk aspek menanggapi siklus I 31,66%, siklus II 59,99%, aspek menerima siklus I 28,33%, siklus II 60%, aspek mengelola siklus I 23,33%, siklus II 53,33%, aspek menilai siklus I 30%, siklus II 55,16% dan aspek menghayati siklus I 38,33%, siklus II 61,66%. Rata-rata persentase psikomotor aspek menirukan siklus I 33,33%, siklus II 56,66%, aspek artikulasi siklus I 43,33%, siklus II 61,66%, aspek memanipulasi siklus I 38,33%, siklus II 56,66%.Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa Penerapan Pendekatan Konstuktivisme melalui Model Kooperatif Tipe TPS dapat meningkatkan aktivitas pembelajaran dan hasil belajar siswa kelas VA SD Negeri 60 Kota Bengkulu.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Elementary School Teacher Education
Depositing User: 021 Nanik Rachmawati
Date Deposited: 09 Jan 2014 15:26
Last Modified: 09 Jan 2014 15:26
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/6261

Actions (login required)

View Item View Item