PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS KARANGAN NARASI MELALUI PENERAPAN METODE BUZZ GROUP DENGAN MEDIA RANGSANG GAMBAR PADA SISWA KELAS IV/A SD NEGERI 19 KOTA BENGKULU

Alvita, Surya Gita and Resnani, Resnani and Ansyori , Gunawan (2013) PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS KARANGAN NARASI MELALUI PENERAPAN METODE BUZZ GROUP DENGAN MEDIA RANGSANG GAMBAR PADA SISWA KELAS IV/A SD NEGERI 19 KOTA BENGKULU. Undergraduated thesis, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Bengkulu.

[img] Text (Thesis)
I,II,III,3-13-git.FI.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (5MB)
[img] Text (Thesis)
IV,V,LAMP,3-13-git.FI.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (5MB)

Abstract

Tujuan penelitian adalah untuk meningkatkan aktivitas pembelajaran dan hasil menulis karangan narasi siswa. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukankan sebanyak dua siklus, setiap siklus terdiri atas dua pertemuan dan terdiri dari empat tahapan setiap siklusnya yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah guru dan siswa kelas IV/A SD Negeri 19 Kota Bengkulu. Instrumen yang digunakan yaitu lembar observasi aktivitas guru dan siswa, lembar pengamatan yang terdiri atas tes kognitif, afektif dan psikomotor. Data tes dianalisis dengan menggunakan ratarata nilai dan persentase ketuntasan belajar secara klasikal. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) rata-rata skor aktivitas guru siklus I mendapat skor 32,5 dengan kriteria cukup meningkat pada siklus II menjadi 39,5 dengan kriteria baik. Demikian pula rata-rata skor aktivitas siswa siklus I mendapatkan skor 32,5 dengan kriteria cukup meningkat pada siklus II menjadi 39 dengan kriteria baik, (2) rata-rata hasil belajar menulis karangan narasi siswa siklus I mendapat ratarata nilai 73,97 dengan ketuntasan belajar klasikal 69,23% meningkat pada siklus II menjadi 78,53 dengan ketuntasan belajar klasikal 87,17%. Penilaian afektif pada siklus I, 17 orang siswa dalam kriteria baik dan siklus II, 34 siswa mendapat kriteria baik. Penilaian psikomotor siklus I, 19 siswa berada pada kriteria baik dan siklus II, 29 siswa dalam kriteria baik. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa melalui penerapan metode buzz group dengan media rangsang gambar dapat meningkatkan aktivitas pembelajaran dan hasil belajar Bahasa Indonesia pada aspek menulis karangan siswa kelas IV/A SD Negeri 19 Kota Bengkulu.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Elementary School Teacher Education
Depositing User: 021 Nanik Rachmawati
Date Deposited: 09 Jan 2014 15:40
Last Modified: 09 Jan 2014 15:40
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/6263

Actions (login required)

View Item View Item