Agustina, Fazriah and Dalifa, Dalifa and Syafrial, Syafrial (2013) PENERAPAN MODEL SEARCH, SOLVE, CREATE AND SHARE DIKOLABORASIKAN DENGAN MODEL KOOPERATIF TIPE PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING SEARCH, SOLVE, CREATE AND SHARE PROBLEM BASED LEARNING SEARCH, SOLVE, CREATE AND SHARE DIKOLABORASIKAN DENGAN MODEL KOOPERATIF TIPE THINK-PAIR-SHARE DIKOLABORASIKAN DENGAN MODEL KOOPERATIF TIPE (PTK UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN IPA KELAS IVB SDN 19 KOTA BENGKULU) (PTK UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN IPA KELAS IVB SDN 19 KOTA BENGKULU) (PTK UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA KELAS IVB SDN 19 KOTA BENGKULU). Undergraduated thesis, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Bengkulu.
Text (Thesis)
I,II,III,3-13-faz.FI.pdf - Bibliography Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons GNU GPL (Software). Download (639kB) |
|
Text (Thesis)
IV,V,LAMP,3-13-faz.FI.pdf - Bibliography Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons GNU GPL (Software). Download (2MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil pembelajaran IPA siswa kelas IVB SD Negeri 19 Kota Bengkulu dengan menerapkan model problem based learning search, solve, create and share dikolaborasikan dengan model Kooperatif tipe think-pair-share. Subyek penelitian ini guru dan siswa kelas IVB SD Negeri 19. Instrumen yang digunakan yakni lembar observasi dan tes. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan tes. Teknik analisis data menggunakan rumus rata-rata nilai dan persentase ketuntasan belajar klasikal. Data observasi dianalisis dengan rata-rata skor dan kriteria penilaian. Hasil yang dicapai pada penelitian ini, Siklus I diperoleh rata-rata observasi aktivitas guru 29 (C), observasi aktivitas siswa 28,75 (C) dan siklus II rata-rata observasi aktivitas guru 37,5 (B), observasi aktivitas siswa 37 (B). Kemudian pada lembar penilaian afektif pada siklus I diperoleh nilai rata-rata aspek menerima 132,9%, meningkat pada siklus II menjadi 35,36 %, aspek menanggapi 13,41% meningkat pada siklus II menjadi 39,02%, aspek menghayati rata-rata pada siklus I 19,51% meningkat pada siklus II menjadi 57,31 %.dan penilaian rata-rata psikomotor pada aspek menirukan pada siklus I 24,37% meningkat pada siklus II menjadi 32,92%, aspek memanipulasi pada siklus I 131,7% meningkat pada siklus II menjadi 42,56%, dan aspek artikulasi pada siklus I 25,60% meningkat pada siklus II menjadi 57,31%. Hasil analisis ketuntasan belajar secara klasikal pada siklus I 52,5% dengan nilai rata-rata 57,6. Pada siklus II ketuntasan belajar secara klasikal meningkat menjadi 82,92% dengan nilai rata-rata meningkat menjadi 73. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan model problems based learning search, solve, create and share dikolaborasikan dengan model Kooperatif tipe think-pair-share dapat meningkatkan aktivitas pembelajaran dan meningkatkan hasil belajar siswa pada kelas IVB SD Negeri 19 Kota Bengkulu.
Item Type: | Thesis (Undergraduated) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Faculty of Education > Department of Elementary School Teacher Education |
Depositing User: | 021 Nanik Rachmawati |
Date Deposited: | 09 Jan 2014 15:43 |
Last Modified: | 09 Jan 2014 15:43 |
URI: | http://repository.unib.ac.id/id/eprint/6264 |
Actions (login required)
View Item |