PENERAPAN MODEL SNOWBALL THROWING UNTUKMENINGKATKAN AKTIVITAS, HASIL BELAJAR DAN NILAI KARAKTER PEMBELAJARAN MATEMATIKA SISWA KELAS VB SD NEGERI 03 KOTA BENGKULU

Rakhmawati, Etriana and V. Karjiati, V. Karjiati and Resnani, Resnani (2013) PENERAPAN MODEL SNOWBALL THROWING UNTUKMENINGKATKAN AKTIVITAS, HASIL BELAJAR DAN NILAI KARAKTER PEMBELAJARAN MATEMATIKA SISWA KELAS VB SD NEGERI 03 KOTA BENGKULU. Undergraduated thesis, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Bengkulu.

[img] Text (Thesis)
I,II,III,3-13-etr.FI.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (4MB)
[img] Text (Thesis)
IV,V,LAMP,3-13-etr.FI.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas, hasil belajar dan nilai karakter siswa dalam pembelajaran Matematika dengan menerapkan model Snowball Throwing. Jenis penelitian tindakan kelas dilaksanakan sebanyak dua siklus, setiap siklus terdiri dari 4 tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian guru dan siswa. Instrumen digunakan lembar observasi guru, siswa, psikomotor, nilai karakter dan tes. Data tes dianalisis dengan menggunakan rata-rata nilai dan persentase ketuntasan belajar klasikal. Dari analisis data menunjukkan pada siklus I hasil observasi guru sebesar 31,75 kriteria baik meningkat pada siklus II sebesar 35 katagori baik, hasil observasi siswa siklus I sebesar 28,75 kriteria cukup meningkat menjadi 34 kriteria baik. Hasil belajar ranah kognitif siklus I dengan rata-rata 61,39 ketuntasan belajar klasikal 52,94 % meningkat pada siklus II menjadi 76,69 ketuntasan belajar klasikal 79,41%. Pada ranah psikomotor siklus I, aspek menirukan 52,21% , manipulasi 59,66%, pengalamiahan 67,15%, artikulasi 61,13% meningkat pada siklus II menjadi menirukan 77,94%, manipulasi 77,94 %, pengalamiahan 83,82%, artikulasi 80,88%. Sedangkan pengembangan nilai karakter telah mencapai katagori membudaya secara konsisten (MK) pada siklus II yakni nilai kreatif 7,35%, nilai disiplin 5,88%, nilai teliti 4,41%, nilai tekun 8,82%, nilai kerja keras 7,35%, nilai rasa ingin tahu 7,35%, nilai pantang menyerah 7,35%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa Penerapan Snowball Throwing dapat meningkatkan aktivitas, hasil belajar dan nilai karakter khususnya siswa kelas VB SD Negeri 03 Kota Bengkulu.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Elementary School Teacher Education
Depositing User: 021 Nanik Rachmawati
Date Deposited: 09 Jan 2014 15:47
Last Modified: 09 Jan 2014 15:47
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/6265

Actions (login required)

View Item View Item