PENERAPAN PEMBELAJARAN TEMATIK MELALUI MODEL QUANTUM TEACHING “TAN D UR” UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA DI KELAS IIA SD SINT CAROLUS BENGKULU

Purwandari, Emilia Hermin and Abdul , Kadir and Lukman, Lukman (2013) PENERAPAN PEMBELAJARAN TEMATIK MELALUI MODEL QUANTUM TEACHING “TAN D UR” UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA DI KELAS IIA SD SINT CAROLUS BENGKULU. Undergraduated thesis, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Bengkulu.

[img] Text (Thesis)
I,II,III,3-13-emi.FI.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (578kB)
[img] Text (Thesis)
IV,V,LAMP,3-13-emi.FI.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas IIA SD Sint Carolus Bengkulu dengan penerapan Pembelajaran Tematik melalui model quntum teaching “TANDUR”. Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian tindakan kelas (PTK), yang dilaksanakan dalam dua siklus, setiap siklus melalui tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Subyek penelitian ini adalah guru dan siswa kelas IIA SD Sint Carolus Bengkulu. Instrumen yang digunakan yaitu lembar observasi dan lembar tes tertulis. Hasil yang dicapai dalam penelitian ini adalah (1) siklus I skor aktivitas guru 34 dengan katagori baik, skor aktivitas siswa 33,75 katagori baik. Hasil belajar siswa diukur dengan evaluasi diakhir pembelajaran yaitu kompetensi dasar mata pelajaran PKn 7,28, Bahasa Indonesia 7,19, Matematika 7,16, IPA 8,20, IPS 7,03 persentase ketuntasan belajar klasikal untuk kompetensi dasar mata pelajaran PKn 60,71%, Bahasa Indonesia 64,29%, Matematika 60,71%, IPA 92,85%, IPS 57,14%. (2) siklus II skor aktivitas guru 35,5 dengan katagori baik, skor aktivitas siswa 35 dengan katagori baik. Hasil belajar siswa siklus II yang diukur menggunakan tes evaluasi diakhir pembelajaran yaitu untuk kompetensi dasar mata pelajaran PKn 8,22, Bahasa Indonesia 9,13, Matematika 7,22, IPA 8,62, IPS 7,76, persentase ketuntasan belajar klasikal untuk kompetensi dasar mata pelajaran PKn 89,29%, Bahasa Indonesia 96,43%, Matematika 85,71%, IPA 96,43%, IPS 82,14%. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa penerapan pembelajar an temati k model Quantum Teachin g “ TANDUR” dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas IIA SD Sint Carolus Bengkulu.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Elementary School Teacher Education
Depositing User: 021 Nanik Rachmawati
Date Deposited: 09 Jan 2014 15:55
Last Modified: 09 Jan 2014 15:55
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/6267

Actions (login required)

View Item View Item