KEPUASAN KERJA PEGAWAI DI BAGIAN KEUANGAN SEKRETARIAT DAERAH KOTA BENGKULU

Tosoni, Syofyan and Slamet, Widodo and Syamsul, Bachri (2013) KEPUASAN KERJA PEGAWAI DI BAGIAN KEUANGAN SEKRETARIAT DAERAH KOTA BENGKULU. Masters thesis, Fakultas Ekonomi UNIB.

[img] Text
IV,V,LAMP,III-13-syo.FE.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (255kB)
[img] Text
I,II,III,III-13-syo.FE.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (845kB)

Abstract

Kepuasan kerja adalah suatu sikap pegawai terhadap pekerjaan yang berhubungan dengan situasi kerja, kerja sama antar pegawai, imbalan yang diterima dalam kerja, dan hal-hal yang menyangkut paktor fisik dan factor fisiologis. Rumusan masalah yang akan dikaji dalam penelitian ini: Bagaimanakah kepuasan kerja Pegawai di Bagian Keuangan Kantor Sekretariat Daerah Kota Bengkulu ditinjau dari kerja secara mental menantang, ganjaran yang pantas, kondisi kerja yang mendukung, rekan kerja yang mendukung, dan kesesuaian kepribadian dengan pekerjaan. Sesuai dengan masalah penelitian, maka yang menjadi tujuan dalam penelitian ini: Mengetahui kepuasan kerja kepuasan kerja Pegawai di Bagian Keuangan Kantor Sekretariat Daerah Kota Bengkulu ditinjau dari kerja secara mental menantang, ganjaran yang pantas, kondisi kerja yang mendukung, rekan kerja yang mendukung, dan kesesuaian kepribadian dengan pekerjaan. Faktor-faktor yang terdapat dalam kepuasan kerja: (Robbins, 2006): Kerja yang secara mental menantang dimana karyawan menyukai pekerjaan-pekerjaan yang memberi mereka kesempatan untuk menggunakan keterampilan dan kemampuan mereka dan menawarkan tugas, kebebasan dan umpan balik mengenai betapa baik mereka mengerjakan. Ganjaran yang pantas dimana karyawan menginginkan sistem upah dan kebijakan promosi yang mereka persepsikan sebagai adil dan sejalan dengan harapan mereka. Kondisi kerja yang mendukung dimana karyawan peduli akan lingkungan kerja baik untuk kenyamanan pribadi maupun untuk memudahkan mengerjakan tugas. Temperatur (suhu), cahaya, kebisingan, dan faktor lingkungan lain seharusnya tidak esktrem (terlalu banyak atau sedikit). Rekan kerja yang mendukung dimana karyawan mendapatkan lebih daripada sekedar uang atau prestasi yang berwujud dari dalam kerja. Bagi kebanyakan karyawan, kerja juga mengisi kebutuhan akan sosial. Kesesuaian kepribadian dengan pekerjaan Pada hakikatnya orang yang tipe kepribadiannya kongruen (sama dan sebangun) dengan pekerjaan yang mereka pilih seharusnya mendapatkan bahwa mereka mempunyai bakat dan kemampuan yang tepat untuk memenuhi tuntutan dari pekerjaan akan lebih besar kemungkinan untuk berhasil pada pekerjaan sehingga mereka mencapai kepuasan yang tinggi dari dalam pekerjaan. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh Pegawai di Bagian Keuangan Kantor Sekretariat Daerah Kota Bengkulu yang berjumlah 31 orang diambil dengan metode sensus. Kemudian untuk memperjelas informasi mengenai kepuasan kerja peneliti melakukan wawancara kepada 3 orang pegawai. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kepuasan kerja Pegawai di Bagian Keuangan Kantor Sekretariat Daerah Kota Bengkulu mengalami kerja secara mental menantang dengan katagori cukup tinggi. Penelitian juga menunjukkan ganjaran yang pantas dengan katagori cukup tinggi. Demikian pula dengan kondisi kerja yang mendukung katagori cukup tinggi. Dilihat dari kondisi rekan kerja yang mendukung dengan katagori cukup tinggi. sedangkan kesesuaian kepribadian dengan pekerjaan katagori cukup tinggi. Dari hasil penelitian diatas dapat disimpulkan bahwa Pegawai di di Bagian Keuangan Kantor Sekretariat Daerah Kota Bengkulu mengalami kepuaan kerja cukup tinggi dalam artian sudah merasa cukup puas dalam bekerja. Saran dalam penelitian ini meliputi: Pimpinan hendaknya mengetahui dan menempatkan stafnya sesuai dengan kemampuan dan keterampilan yang dimiliki oleh staf, sehingga pekerjaan yang dilakukan Pegawai di Bagian Keuangan Sekretariat Daerah Kota Bengkulu dapat lebih baik dan sesuai dengan yang diharapkan. Diharapkan pimpinan dapat lebih bijak dalam mengambil keputusan dalam sistem penganggaran untuk honor sebagai tambahan gaji pokok bagi pegawai yang memiliki kelebihan beban kerja, sehingga sesuai antara beban kerja dengan gaji yang diterima agar pegawai mendapat kepuasan kerja. Hendaknya pimpinan dapat menambah fasilitas kantor yang mendukung kerja pegawai seperti menganggarkan tambahan AC, dan renovasi ruangan kantor yang sempit serta penambahan peralatan arsiparis kantor agar pegawai merasa nyaman dalam bekerja dan untuk lebih membuat suasana aman dan nyaman sehingga pegawai di Bagian Keuangan Sekretariat Daerah Kota Bengkulu dapat fokus dan bekerja dengan baik. Hendaknya atasan dapat lebih memupuk rasa kekeluargaan dengan menggelar acara yang melibatkan keluarga besar pegawai Bagian Keuangan Sekretariat Daerah Kota Bengkulu, agar terciptanya rasa persaudaraan dan dapat bersosialisasi antar pegawai, yang akan berdampak pada meningkatnya rasa puas dalam bekerja. Pimpinan hendaknya lebih mengerti keinginan dan minat pegawai akan pekerjaan yang dilakukannya, dengan cara melakukan pendekatan secara intensif kepada pegawai yang bersangkutan serta mengetahui latar belakang pendidikan mereka agar tidak salah menempatkan pegawai, jika pegawai ditempatkan dalam pekerjaan yang memiliki kesesuaian dengan minat dan kepribadian mereka maka besar kemungkinan mereka dapat bekerja dengan hasil yang optimal, sehingga kepuasan kerja dapat mereka raih. Dan jika ada bimbingan teknis pimpinan juga harus mendelegasikan kepada bawahannya untuk mengikuti bimbingan teknis tersebut.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Postgraduate Program > Magister Manajemen
Depositing User: 001 Bambang Gonggo Murcitro
Date Deposited: 11 Jan 2014 22:08
Last Modified: 11 Jan 2014 22:08
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/6306

Actions (login required)

View Item View Item