ANALISIS PERILAKU PENGGUNA T-CASH DI KOTA BENGKULU DENGAN MENGGUNAKAN TAM

Antori, Rizal and Effed , Darta Hadi and Sularsih, Anggarawati (2013) ANALISIS PERILAKU PENGGUNA T-CASH DI KOTA BENGKULU DENGAN MENGGUNAKAN TAM. Masters thesis, Fakultas Ekonomi UNIB.

[img] Text
I,II,III,III-13-riz.FE.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (1MB)
[img] Text
IV,V,LAMP,III-13-riz.FE.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (1MB)

Abstract

Persaingan bisnis selular di Indonesia sangat ketat sehingga operator harus memiliki strategi untuk tetap mempertahankan revenue dan custumer base. Salah satu strategi yg dilakukan adalah dengan menurunkan tarif. Penurunan tarif voice dan sms adalah salah satu kebijakan yang sangat ampuh untuk memikat pelanggan agar tetap menggunakan produknya. Tetapi dengan kebijakan penurunan tarif tersebut berimbas pada pendapatan utama perusahaan. Akibat perang tarif operator mengubah arah bisnis operator yang akan datang. Saat ini mungkin sms dan voice masih menjadi menyumbang revenue terbesar, tapi dapat dipastikan kedepan yang akan menyumbang revenue terbesar adalah dari layanan tambahan (Value added services) dan layanan data. Salah satu layanan tambahan dari Telkomsel adalah fitur T-Cash. Penulis ingin melakukan penelitian perilaku pengguna T-Cash di Kota Bengkulu sehingga dapat disimpulkan faktor apa yang paling mempengaruhi pelanggan untuk menggunakan fitur T-Cash. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh resiko, Perceived usefulness, dan perceived ease to use terhadap attitude toward using dari pengguna TCash. Disamping itu juga untuk mengidentifikasi dari ketiga variabel tersebut manakah yang paling kuat pengaruhnya terhadap attitude toward using pengguna T-Cash. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah accidental sampling. Data dikumpulkan dalam kurun waktu 2 bulan (Januari dan Februari 2012). Jumlah sampel yang layak digunakan adalah 150 dari 156 yang data yang terkumpul. Metode analisis yang digunakan adalah Regresi Liner Berganda. Dari pengolahan data diperoleh hasil yaitu:risk, perceived usefulness, dan perceived ease to use memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap attitude toward using pelanggan T-Cash di Kota Bengkulu. Kekuatan pengaruh ketiga variabel tersebut adalah sebesar 99,6%. Secara parsial risk, perceived usefulness, dan perceived ease to use pelanggan T-Cash terhadap attitude toward using adalah 0,195; 0,652; dan 0,161. Berdasar dari penelitian penggunan T-Cash dikota Bengkulu, dapat disimpulkan bahwa pemikiran mengenai persepsi manfaat (Perceived usefulness) menjadi faktor yang paling berpengaruh besar terhadap sikap menggunakan fitur T-Cash. Disarankan dalam kebijakan pemasaran dan iklan agar dapat mensosialiasikan manfaat yang produk T-Cash kepada pelanggan Telkomsel.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Postgraduate Program > Magister Manajemen
Depositing User: 001 Bambang Gonggo Murcitro
Date Deposited: 12 Jan 2014 10:16
Last Modified: 12 Jan 2014 10:16
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/6313

Actions (login required)

View Item View Item