PERSEPSI FEMINIS DAN MODEL PEREMPUAN TENTANG ENDORSER IKLAN SHIMIZU

Agustini, Herni and Wahyu , Widiastuti and Alfarabi, Alfarabi (2013) PERSEPSI FEMINIS DAN MODEL PEREMPUAN TENTANG ENDORSER IKLAN SHIMIZU. Undergraduated thesis, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik UNIB.

[img] Text
I,II,III,III-13-her-FS.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (2MB)
[img] Text
IV,V,VI,LAMP,III-13-her-FS.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persepsi feminis dan model terhadap endorser iklan Shimizu. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Informan dalam penelitian ini adalah feminis dan model. Pengumpulan data dilakukan melalui teknik wawancara dan dokumentasi. Persepsi dalam penelitian ini diulas dalam tiga sub pertanyaan yaitu sensasi, atensi, dan interpretasi. Hasil Penelitian menunjukan bahwa dalam sensasi keseluruhan informan melalui alat inderanya melihat sosok perempuan atau yang disebut endorser. Kemudian dalam atensi terdapat perbedaan persepsi antara feminis dan model, pada umumnya semua atensi terdapat atau perhatian informan hanya ke endorser perempuannya. Namun, kelompok feminis mengatakan endorser dijadikan sebagai objek dalam iklan Shimizu ini. Sedangkan model mengatakan endorser iklan Shimizu telah cukup mampu menarik perhatian yang menonton, fokus mereka ke endorser dengan memiliki daya tarik fisik untuk dapat menarik perhatian khalayak. Perbedaan juga terjadi pada tatanan interpretasi dimana kelompok feminis mempunyai interpretasi atau penilaian yang berbeda dengan model. Bagi kaum feminis tidak ada korelasi antara endorser dengan produk yang diiklankan tersebut. Sedangkan model mengatakan endorser lebih ditonjolkan dari pada produknya untuk menarik perhatian. Namun ada pula model yang mengatakan tidak ada sisi positinya dari iklan Shimizu ini.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: J Political Science > JA Political science (General)
Divisions: Faculty of Social & Politics Science > Department of Communication
Depositing User: Miss Novita Veronika Barus
Date Deposited: 13 Jan 2014 13:18
Last Modified: 13 Jan 2014 19:46
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/6331

Actions (login required)

View Item View Item