PENGARUH IKLAN ROKOK DJARUM SUPER 2013 VERSI ADVENTURE DAN KAMPANYE ANTI ROKOK DINAS KESEHATAN BENGKULU TERHADAP PERILAKU REMAJA MEMBELI ROKOK

Muhammad , Meihatir and Wahyu , Widiastuti and Heri, Supriyanto (2013) PENGARUH IKLAN ROKOK DJARUM SUPER 2013 VERSI ADVENTURE DAN KAMPANYE ANTI ROKOK DINAS KESEHATAN BENGKULU TERHADAP PERILAKU REMAJA MEMBELI ROKOK. Undergraduated thesis, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik UNIB.

[img] Text
I,II,III,III-13-mei-FS.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (7MB)
[img] Text
IV,V,VI,LAMP,III-13-mei-FS.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (7MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruhiklan rokok Djarum Super 2013 versi Adventure dankampanye anti rokok Dinas Kesehatan Bengkulu terhadapperilaku remaja membeli rokok. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif, dengan teknik pengumpulan data menggunakan kuisioner, observasi dan studi pustaka, penelitian dilakukan di SMA N 6 Bengkulu dengan menggunakan teknik pengambilan sampel yaitu purposive sampling,dengan jumlah responden66 orang. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa ada pengaruh secara parsial antara iklan rokok Djarum Super 2013 versi Adventure terhadap perilaku remaja membeli rokok dan tidak ada pengaruh secara parsial antara kampanye anti rokok Dinas Kesehatan Bengkulu terhadap perilaku remaja membeli rokok. Selanjutnya hasil penelitian ini diperkuat dengan analisis uji regresi berganda, menyimpulkan bahwa besar pengaruh yang diberikan iklan rokok Djarum Super 2013 versi Adventure dan kampanye anti rokok Dinas Kesehatan Bengkulu sebesar 24,7% sedangkan sisanya 75,3% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini seperti gaya hidup, lingkungan, keluarga, dan sebagainya. Hasil penelitian ini juga berhasil menguji teori S-R (Stimulus-Response) sebagai landasan teori yang digunakan peneliti, bahwa stimulus/aksi yang diberikan iklan rokok Djarum Super 2013 versi Adventure berpengaruh positif terhadap perilaku remaja membeli rokok, sedangkan stimulus/aksi kampanye anti rokok Dinas Kesehatan Bengkulu berpengaruh negatif berarti terjadi penolakan/pengabaian pesan yang dilakukan remaja pada kampanye anti rokok Dinas Kesehatan Bengkulu terhadap perilaku remaja membeli rokok. Sehingga komponen yang paling mempengaruhi perilaku remaja membeli rokok adalah iklan rokok Djarum Super 2013 versi Adventure.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: J Political Science > JA Political science (General)
Divisions: Faculty of Social & Politics Science > Department of Communication
Depositing User: Miss Novita Veronika Barus
Date Deposited: 13 Jan 2014 13:44
Last Modified: 13 Jan 2014 19:41
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/6334

Actions (login required)

View Item View Item