PENYUSUNAN BAHAN AJAR SASTRA DAERAH SERAWAI BAGI SISWA KELAS VII SMP

Ardiansyah, Bobi and Susetyo, Susetyo and Emi, Agustina (2013) PENYUSUNAN BAHAN AJAR SASTRA DAERAH SERAWAI BAGI SISWA KELAS VII SMP. Undergraduated thesis, FKIP Universitas Bengkulu.

[img] Text (Thesis)
I,II,III-1-13-bob-FI.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (1MB)
[img] Text (Thesis)
IV,V,LAMP-1-13-bob-FI.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (1MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk menyusun bahan ajar sastra daerah Serawai yang efektif sebagai sumber belajar pengajaran apresiasi sastra di SMP. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode pengembangan dalam penyusunan model bahan ajar. Penelitian ini dilakukan melalui beberapa tahap yakni: pengumpulan informasi, perencanaan, penyusunan produk bahan ajar sastra daerah, uji lapangan (uji validasi ), revisi produk. Hasil penelitian ini adalah berupa produk Bahan Ajar Sastra Daerah Serawai bagi siswa kelas VII SMP semester I. Bahan ajar tersebut disusun oleh peneliti dengan memanfaatkan sastra daerah atau dongeng yang didapat dari berbagai sumber dan penelitian sastra daerah Serawai yang dilakukan oleh peneliti sebelumnya. Selain itu juga dilakukan uji validasi tehadap bahan ajar sastra daerah Serawai tersebut oleh para guru yang mengajar mata pelajaran Bahasa Indonesia. Dari penyusunan bahan ajar yang dilakukan oleh peneliti dalam penelitian ini dapat disimpulkan bahwa bahan ajar sastra daerah Serawai tersebut dinilai telah layak untuk dipakai dan dikembangkan lebih rinci, dan digunakan oleh siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Indonesian Language and Literature Education
Depositing User: 021 Nanik Rachmawati
Date Deposited: 30 Sep 2013 15:46
Last Modified: 30 Sep 2013 15:46
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/659

Actions (login required)

View Item View Item