Riskan, Riskan and Sinthia , Rita and Hartuti, Pudji (2014) PENGEMBANGAN NORMA TES KECERDASAN CALOURED PROGRESIVE MATRICES (CPM) PADA SISWA SEKOLAH DASAR DI PROVINSI BENGKULU. Project Report. Universitas Bengkulu, Bengkulu.
|
Text (Monograph)
Penelitian.pdf - Bibliography Available under License Creative Commons GNU GPL (Software). Download (901kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan norma tes kecerdasan bagi anak yaitu CPM pada siswa SD usia 6- 11 tahun di Provinsi Bengkulu dalam rangka melakukan perluasan dan perbaikan norma yang telah disusun oleh Raven 1974 sebagaimana dikutip oleh Fakultas Psikologi UGM dalam buku Informasi Tes. Penelitian ini adalah penelitian eksperimen, pengembangan dan studi korelasi. Desain penelitian adalah Posttest pada Kelompok Ekuivalen dan Pengembangan. Subjek diambil secarapwposive siraijikasi area random sampling. Dalam hal area, pengambilan subjek dalam penelitian ini mempertimbangkan daerah perkotaan, pinggiran, dan pedesaan. Sedangkan dalam hal strata, dengan mempertimbangkan tingkat pendidikan orang-tua anak, yaitu Pendidikan tinggi, SLTA, SMP. dan SD. Penelitian ini direncanakan dalam dua tahun. Pada tahun pertama subjek 362 orang anak, diambil di 3 kabupaten, yaitu di Kota Bengkulu sebanyak 198 orang anak, Kabupaten Bengkulu Selatan 91 orang anak, dan Kabupaten Bengkulu Tengah 73 orang anak. Pada tahun kedua, subjek diambil di kota Bengkulu sebanyak 1.000 orang anak. Jadi jumlah subjek seluruhnya selama dua tahun adalah 1362 orang anak. Untuk mengetahui perbedaan tingkat kecerdasan anak di daerah kota, pinggiran dan desa, serta tingkat pendidikan orang-tua dianalisis dengan t-test. Untuk menemukan korelasi antara status sosial ekonoini orang-tua dengan tingkat kecerdasan anak digunakan rumus korelasi product moment. Hasilnya menunjukkan tidak ada perbedaan rata-rata tingkat kecerdasan anak di daerah kota, pinggiran, dan pedesaan. Temuan lain menunjukkan bahwa ada korelasi yang signifikan antara status sosial ekonomi orang-tua dengan tingkat kecerdasan anak pada taraf keceprcayaan 1%. Sedangkan penyusunan norma tingkat kecerdasan dikaitkan dengan uniur kronologis anak, ternyata tidak sempurna karena kurang jumlah subjeknya.
Item Type: | Monograph (Project Report) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | ?? def_phi ?? |
Depositing User: | 021 Nanik Rachmawati |
Date Deposited: | 05 Mar 2014 15:03 |
Last Modified: | 05 Mar 2014 15:03 |
URI: | http://repository.unib.ac.id/id/eprint/6608 |
Actions (login required)
View Item |