PENGGUNAAN GEOMETER'S SKETCHPAD UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN DAN PRESTASI BELAJAR MAHASISWA PADA MATA KULIAH KALKULUS INTEGRAL

Rahimah, Dewi (2011) PENGGUNAAN GEOMETER'S SKETCHPAD UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN DAN PRESTASI BELAJAR MAHASISWA PADA MATA KULIAH KALKULUS INTEGRAL. In: Prosiding Seminar dan Rapat Tahunan Bidang Ilmu MIPA (SEMIRATA BKS-PTN B). Universitas Lambung Mangkurat, Banjarmasin. ISBN 978-6-0298-9161-4

[img]
Preview
Text
Dewi R - Prosiding SEMIRATA 2011.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (482kB) | Preview

Abstract

Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana mengaktifkan mahasiswa, prestasi belajar mahasiswa dan respon mahasiswa dalam pembelajaran mata kuliah Kalkulus Integral menggunakan geometer's sketchpad. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas dengan alur pelaksanaan tindakan : rencana tindakan  pelaksanaan tindakan  observasi  refleksi  rencana tindakan selanjutnya. Pengumpulan data menggunakan lembar observasi, lembar tes, angket dan foto. Data yang diperoleh dianalisis secara deskriptif yaitu data hasil temuan dideskripsikan dalam bentuk pernyataan-pernyataan. Dari penelitian yang telah dilakukan ini dapat disimpulkan cara mengaktifkan mahasiswa dalam pembelajaran mata kuliah Kalkulus Integral menggunakan geometer's sketchpad : (a) Menegur mahasiswa yang belum memperhatikan penjelasan dosen; (b) Memotivasi mahasiswa agar mau mengajukan pertanyaan kepada dosen dan menjawab pertanyaan dari dosen; (c) Menjelaskan hubungan antara konsep yang dipelajari di kelas dengan penggunaan geometer’s sketchpad; (d) Memberikan bimbingan kepada mahasiswa yang mengalami kesulitan menggunakan geometer’s sketchpad secara individual; (e) Menjelaskan kembali penggunaan geometer’s sketchpad secara klasikal ketika ada beberapa mahasiswa menanyakan hal yang sama; (f) Membimbing mahasiswa mengambil kesimpulan dari kegiatan yang dilakukan. Penggunaan Geometer's Sketchpad dapat meningkatkan prestasi belajar mahasiswa pada mata kuliah Kalkulus Integral yaitu dari nilai rata-rata 46,58 pada siklus 1, meningkat menjadi 63,42 pada siklus 2, dan meningkat lagi menjadi 82,68 pada siklus 3. 65,79% mahasiswa memberikan respon sangat positif dan 34,21% mahasiswa memberikan respon positif terhadap penggunaan geometer's sketchpad dalam mata kuliah Kalkulus Integral.

Item Type: Book Section
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Mathematics Education
Depositing User: 001 Bambang Gonggo Murcitro
Date Deposited: 10 Mar 2014 11:52
Last Modified: 10 Mar 2014 11:52
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/6624

Actions (login required)

View Item View Item