PENGGUNAAN MICROSOFT POWERPOINT UNTUK MENGAKTIFKAN MAHASISWA PADA MATA KULIAH KALKULUS INTEGRAL PROGRAM PGMIPABI

Rahimah, Dewi (2013) PENGGUNAAN MICROSOFT POWERPOINT UNTUK MENGAKTIFKAN MAHASISWA PADA MATA KULIAH KALKULUS INTEGRAL PROGRAM PGMIPABI. In: Prosiding Seminar dan Rapat Tahunan Bidang Ilmu MIPA 2013 BKS PTN Barat. Universitas Lampung, Lampung, pp. 121-126. ISBN 978-602-98559-2-0

[img]
Preview
Text
Dewi R - Prosiding SEMIRATA 2012.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (283kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana mengaktifkan mahasiswa dalam pembelajaran mata kuliah kalkulus integral Program PGMIPABI menggunakan microsoft powerpoint. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas dengan alur pelaksanaan tindakan : rencana tindakan Þ pelaksanaan tindakan Þ observasi Þ refleksi Þ rencana tindakan selanjutnya. Pengumpulan data menggunakan lembar observasi. Data yang diperoleh dianalisis secara deskriptif yaitu data hasil temuan dideskripsikan dalam bentuk pernyataan-pernyataan. Dari penelitian yang telah dilakukan ini dapat disimpulkan bahwa cara mengaktifkan mahasiswa dalam pembelajaran mata kuliah kalkulus integral program PGMIPABI menggunakan microsoft powerpoint (a) Memotivasi mahasiswa untuk mengajukan pertanyaan kepada dosen jika mengalami kesulitan; (b) Memberi tugas berupa soal-soal kepada mahasiswa untuk dikerjakan secara berkelompok; (c) Mengingatkan mahasiswa untuk memahami jawaban hasil kerja kelompoknya karena nanti mereka diharapkan dapat menjelaskan jawaban tersebut dan menjawab pertanyaan temannya jika mewakili kelompoknya melakukan presentasi; (d) Memotivasi mahasiswa untuk melakukan presentasi; (e) Meminta salah satu perwakilan mahasiswa maju mempresentasikan jawaban kelompoknya; (f) Mengutamakan mahasiswa yang belum pernah tampil untuk mempresentasikan jawaban kelompoknya; (g) Dosen tidak memberitahu kepada mahasiswa atau kelompok yang akan melakukan presentasi soal mana yang akan mereka presentasikan dengan menyiapkan huruf-huruf dengan jumlah yang sama dengan jumlah soal yang dikerjakan mahasiswa pada sebuah slide powerpoint. Mahasiswa yang akan melakukan presentasi mengklik salah satu dari huruf-huruf tersebut, kemudian nomor soal yang harus mereka presentasikan akan muncul, lalu mahasiswa mempresentasikan jawaban kelompoknya dari nomor soal yang muncul tersebut; (h) Memotivasi mahasiswa untuk memberi tanggapan terhadap hasil pekerjaan temannya.; (i) Memotivasi mahasiswa untuk mengajukan pertanyaan kepada temannya yang melakukan presentasi.

Item Type: Book Section
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Mathematics Education
Depositing User: 001 Bambang Gonggo Murcitro
Date Deposited: 10 Mar 2014 11:58
Last Modified: 10 Mar 2014 11:58
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/6625

Actions (login required)

View Item View Item