MENINGKATKAN KEAKTIFAN MAHASISWA PADA MATA KULIAH PERENCANAAN PENGAJARAN MATEMATIKA MENGGUNAKAN BLOG MULTIMEDIA BERBASIS PAKEM

Rahimah, Dewi (2013) MENINGKATKAN KEAKTIFAN MAHASISWA PADA MATA KULIAH PERENCANAAN PENGAJARAN MATEMATIKA MENGGUNAKAN BLOG MULTIMEDIA BERBASIS PAKEM. EXACTA, 11 (1). pp. 20-25. ISSN 1412-3617

[img]
Preview
Text
Dewi R - Jurnal Exacta Juni 2013.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (460kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana cara meningkatkan keaktifan mahasiswa dalam pembelajaran mata kuliah perencanaan pengajaran matematika menggunakan blog multimedia berbasis Pembelajaran Aktif, Kreatif, Efektif, dan Menyenangkan (PAKEM). Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini menyimpulkan cara meningkatkan keaktifan mahasiswa dalam pembelajaran mata kuliah perencanaan pengajaran matematika menggunakan blog multimedia berbasis PAKEM adalah meminta mahasiswa mempelajari materi kuliah perencanaan pengajaran matematika yang dimuat dalam slide serta yang di-upload dan dimuat dalam link pada blog multimedia berbasis PAKEM, meminta mahasiswa memberi kontribusi materi pada blog multimedia berbasis PAKEM, meminta mahasiswa memberikan komentar terhadap postingan pada blog multimedia berbasis PAKEM dan terhadap komentar yang diberikan pengunjung blog yang lain, meminta mahasiswa mengajukan pertanyaan dan menjawab pertanyaan yang diajukan terhadap postingan pada blog multimedia berbasis PAKEM, mengajak mahasiswa untuk bergabung di blog multimedia berbasis PAKEM dengan menjadi follower atau meng-like facebook yang ada di blog, mengajak mahasiswa untuk mengisi polling yang dibuat dosen pada blog multimedia berbasis PAKEM, dan membuat penyajian tugas dalam blog multimedia berbasis PAKEM lebih menarik dengan mengupload video. Penggunaan blog multimedia berbasis PAKEM dalam pembelajaran mata kuliah perencanaan pengajaran matematika dapat meningkatkan keaktifan mahasiswa. Hal ini dapat dilihat dari jumlah skor lembar observasi yaitu 24 berada kategori baik pada siklus I, meningkat 4 menjadi 28 berada kategori baik pada siklus II.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: keaktifan, blog multimedia, PAKEM
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Mathematics Education
Depositing User: 001 Bambang Gonggo Murcitro
Date Deposited: 11 Mar 2014 15:41
Last Modified: 14 Mar 2014 09:31
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/6627

Actions (login required)

View Item View Item