ns PENDEKAiTAN KONTEKSTUAL DAN ZE{.RiVTJVG COMMUMTY i+. Imrdl T{ODTFIKASI METODENETIITON.RAPHSON DALAMMENYELES{KANPERSAMAANNON LINIER A[qdb.r. JENDEN. DALAMDISKURUS KTTAB KIJMNG DI BELATIAN NUSANTARAABAD XVII SAMPAI ABADXD( SylildII!.L PENGARTJHFI,JNGSI PERENCANAANTERI{ADAPPERKEMBANGAN I,'SAHAPADAKOPERASI RSIS(RJMAU SAWIT SE'AI{TERA) KECAM/IAN PI,]LAU RIMAU KABTJPATEN BANYUASIN SUMATERASELATAN LdtltLi*.l PENC}ARUH KUAT MEDAN ELEKTROMAGNETTK DARI I,5 KG DEDAK DAN t LITER ETANOL TERHADAP GUGUSASAMAMINO PADA EKSTBAKSI DEDAK PADI LrNrrrfl TRANSTEN. NEGATIF LEKSIKAL DAN SINTAKTTKALDARI BAI{ASAINMNEST.AKE BAHASA INGORTS MuffrLd TINJAUAN KUATTEKAN BEK)N DENGAN AGREGAT KASAR PECAHAN GENTENG llrrrdl BERBAGAI JEMS KERUSAKAN JALAN RAYA YANG ?ERJADT DI WILAYAH KOTA PALEMBANG TAHI.JN 2OOt AIi.dHfd.yd ANALISIS TENIhNG KONSOLIDASI PERUSATIAAN DI BIDANG PERBANKAN DALAM MENGATASI KRISIS KEUANGAN xlrru Srrirt PEMBERDAYAANTRANSMGRAN LOIGL DI PI,JLAU ENGOANO KABI,JPATEN BENGKTJLU UTARA Il.trffipAd ttury* XrlrrJo Nrtam d.tr ,Z.h KRtrIIS PENDIDIKAN : APA YANG SALAH DENCAN GURU DAN PENDIDIKAN GT,JRU DI INmNEsiIA Zddr ORGANISASI PERUSAHAAN Ard IhrLl ARTI PENTING PEI{DIDIKAN KH\,IANDIRIAN BAGIANAK USIADINI: SEBUAH MASI,JKAN BAGI PENDIDIK DI LINGKTJNGAN PANTI PENMPANANAK ItL ELrADdldrl PNEXTEI< OIN PENAMPILAN KONSEI.,oR DI SEKOLAH SEKARANG DAN MASAAKAN DATANG mUtllrSr:nffl: ANALISIS PENCARUH PEMBIAYAAN MODALVENTT.]RATERIIADAPRJSIKO BISNIS DAN KEUANGAN PER.USAHAAN YANG DIBIAYAI OLEtrI PT SARANALAMPUNG VENTI,JRA IIluArenl STI,JDI PEITIGI,JKUR.KEruASAN NASABAH PADAPT. BANK LAMPI,JNG Dt KOTABANDARLAMPUNG IlrdrAlt PROGRAMBK DI SEKOLAH DAN IMPT"IKAIII PENGOLAANNYA ilrrfflrrrd PENGEMBANGAN DAN IMPI,EMENTAST TLMU PENDIDIKAN DI LPTK Fd?.r GAYAKEPEMIMPINAN TRANSFfrMASIONAL YANG MENDI.JKUNG KEPUASAN KERJAKARYAWAN DALAM LINGKUNGAN INSTITUSI PENTXDIKAN Nwltr$rl PENGART]H PERI]BAHAN SUKU BT,]NGAPIN'AMAN BANK TERHADAPOMSET PEGADAIAN CABANC WROBRANJAN DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA Hddltomrrd MODEL PENGETRAPAN I\,ETODE DAKWAH DALAM PRlosEs PERENCANAAN DAKWAH Sldlllb.r Vol. 18, No. 1 Maret 2009 IrqB.ts u?sBTu 8E -ZS NVDNVNIIX SISruX ISVIV9NAI^I hIV'IVC NYXNVB{IId DNVOIA IO NVVHYSNUIId ISVOI'IOSNOX DNVINSI SISITVIW 1uduPt11 PBurqV t9-LV SOOZ NNHVI DNVSI^IATVd VIO) HVAV'IIAI IO IOVfUAI CNVA VAVU NY'IVI NV)IYSNUA) SIN!If IVDVgUgg IpIBiLBtr tr SNAJNIII$ NVHVCIId uVSVX IV$gUOV NVDI.(IC NOIiIg NV}ISI IVNX NVNVINII 9n-68 Isz.rrqtlntr l 8t-tt SruC9NI VSVHVS iTX VISIINOONI VSVHYB ruVO'IVXIJ)VINIS NVC IV),IIS)g'I JIIV0AN UIICSNVUI IlB,llBIerl ZE-9Z rovd xvog(I tsxvursxfl v(Ivd oNIItv t^(vsv snDne dY(twruaJ,'IoNvJ,g uarl'I 8 NVO XVCSO O) S.T ruV(I XIISN9YI^{OUIXATT NVGU^I IYNX HOUVCNAd qBsIurBtrAI slnrl NVIVISS VUSI"VI/{NS NISVNANYB NAIVdNflYX NVWru NYTNd NVIVWVSf,X (\rUSJ,HVfAS IIA\VS bZ. ZZ nvhrru) ssu Nwgdox v(Ivd vHvsn NVcNVgI^liDNiId dvoYHuar NvYNvf, Ntulld IScNoc HnwcNad BpnH lnsuru,(5 IZ.SI XIx (VgV IVdI^IVS UAX CYSV \TUVINVSNN NVHV'IAS I(I ONINn) SVIrl SnUnXSIA hiVlVC XgCllgf . EuBqqB,{S ;1Y nt-L USINI'I NON NVVI^IYSUSd Nil{TVSINSAi{U^I ilff.IVO NOSHdVU-NOIAIIIN gOOffII^I IS\rXIdI(IOW 9-I IpuEAuI TJ INN'{W O 3 DNIMI Yg7 NVC'IV NIS )!IIS NO) NVI\rXAGNAd ISI UYIdYO 6002 laren 'L 'oN 'g! 'lon axuans qJnw yryryI yunf 6o-Eo-E1f I.SVUIdSNI (opn11 ytswrt,{$ "" "' DtDiuDS st nln)6u48 sollsle^lun dlslj loololsos !pl+s ujoloold uasoo " ru8eqes nleles €I 'P{ul-l{€l us-auelu€g lr€p nlelos }nqosro} I3I{ Isuoaueu 8utun1 quru u?rurn 'rpsu141 q.1o un,1t1e[p 8ue'( nun*'n8nqts 'lr]sl lurens ue8unqnq reuaauaur .urno*.r"Jdepeq.ra1 deTs leqr-red ueure;eral q?]pl-q€}pl rrclep 1Br.{rlrp'}€dep $l IBH ludeprel qls€tu prnrirrref uluuln qolo sllnllp 8ue'( Surun>1 q€}PI LrcleC .(SS I .q 'e OO i l*p*61i unnO.urr"J 8un;o enp ue8uep uepedes q€l€pe HefHE unnd*"red snlels sule rp qnef Strero nles 'uBsnuese{ ne}u }oqoq 'e8req JDIn ler!r+{e tp undneur Elunp lp )leq llefllel snlnts 'e[es e'(ulensles ueqnlnqe)t lqnuau]ur 'olo-i'np usp lryfrjsl epedel''pq':au'* luep e'(ueq q€lo-qeloos uenduerad Isua$ls{:I '1{E11{BI ue8uep nrnir.''og'r'u iedecueru lepu uunduarsd er*rqeq Bto{e.u Feqrp I{BI_p{BI uep urnd*rrra ,iJr* ueepeqred usp HPI-plel L{elupe 1eq ele8es {nlun rn{n {oroJ.uercdsuer d;pp'"rraaq'auer *iq rriri,ririi::li.:::l depeq:al ue8uepued lnqosJol Sutunl qnlrl *'in4slp uIBIep nlt"* IsBurIUop u'(ulenl nlr8eq ulel Isls .uule.ltquaS8uaur leule ueuelsls{ nulr urldrsrp te8eqJeq r:ep 8utun1 qapl lp unueu srlnue., rsrp€Jl ue4Hueqrua3ueu .uelep ntrr"*'uered'nk*nt'g '(9661 'erzy) lusad ue3uap Bueque>Feq Burun>1 q'tl{ srlnuour isgpnri 0,{ srgi ,r,r) rylusrpy J.€Jlu peuqY u€p '(nt zt8t /*r) dFA.-,' pxw puturu€qn1,ri 'G'rl t6gt ,,r.r') Iuglueg -lE y'rgl'teli rrgrrnry14-1' Jnsn^ '(Ir,i €69t /r\) llpluls .IugqulllBd_ln pn*rq5-p-pqi'-.0nt 66gt ^A) -ts Jn€u-te pqv, '(Ii iisgi ^ii t'Iwu ulo-p rsN'(I^t 0t9l r't) Iuer€uns-le ulo-F srue,(5 .y0suBH_13 qn),i*iilu.des eretuBsnN rp res3q eueln-etusln e,(uId'ure1 '(gO0t rlsleN Lu?IsF repsey$ sllpeq uep 'rtge1 'q1g Jntresel 'uru1e1 nult utldtstp IIBq 'llefHel euIBIn efue1 ,suq q.1o ,.ru,*o'i* nkii-r.^13utun1qelll snsrn{slp XIX peqe ue8uap tedures IIAX peqs lutes und e'u1uusn51 ueservl€I Ip wlquq uep tilBlsl stunp Ip uelsl uentulte:{ il'6rr -risnd+esnd-r{#;"q*"*'X"ffili:Jff* uellnrunueur qaereg Eurunl qell{ urelep repue8 :'I}un{ Els{-E}BX 'ygfueg-Iy pu,(sry llulq q€urlle{ tlqurypnlowos uourufirad pus tlHuIS qriolto lutlw agl1_'"noqn nttl aql e-ulruexo socuereJJlp repue8 -lV Jn€u-lv pqy Euoure plguoc E plo,r.e ot d*'it' otlltqouzllD' ro €ueln'flpuocag 'Jetun' uq! qll€qs peuru?qnw rfl.rn ^qqllriilii iq'll*'ts ,"i{'w pue '1e1esse;1-1'u5ug '(q 'p1t|sobo1'tg tq:urollnyo pnbn, 'ytu,ll -rV Kq'wtbo6ny1-lo lDt't'ls _l Duqsy.trrglues-N i;ilk .e1t1 eutlncsetu sJoleclpul el€(u esn 01 pue} o^.1n*,1n .,(1$r1g .sscueJefJlp luecgruSts peq sgedxe elelueJ ,o 51'L reqlleu dequeprrail tn^ riqi looq mo11e't eql ut e'rrlcedsred repue8eql}eqlpe/v\ot{sEurpugeql.qcuorddelecr8ollgdpuPleslJolslqeJe/( onssr eqt eu*u,xe ot pesn qoqtru aqysun repua8 e.lotu sI 1l qclq^A uI ..Iooq Aol1a'(" aql Jo osrnocr,p u, .[r"it''J t-r,ifr.?rtt '(pnls oql So esodrnd uls., eqr '"pt['a 1*uPnII InstuB[s : qolo xtxoYflYIYdI^[YsIIAXoYgvYuvINYSnNNYHYTgflI(tcNINnxgYIDtsnsunxsl(tI^IYTY(tuuoNgf subjek sedangkan perempuan sebagai objek. Dalam diskursus dominan, perempuan dibahas seolah-olah ia makhluk yang hanya berguna untuk melayani laki-laki dalam segala hal. Misalnya, dalam kitab 'Uqud al-Lujjain karya Imam Nawawi al-Bant6ni ( Martin, 1993, h. 178). Senada dengan padangan di atas Mernissi intelektual Muslimah dari Maroko, di dalam hasil penelitiannya menyimpulkan bahwa hadits-hadits yang diatasnamakan dari Nabi yang diriwayat oleh Abu Hurayrah condong untuk melestarikan adat istiadat pra-Islam (Martin, 1993, h. 168). Bertitik tolak dari realitas pandangan-pandangan di atas, penulis ingin membahas tentang perspektif jender dalam diskursus kitab kuning di Nusantara abad XVII sampai dengan abad XIX. Metode Penelitian Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah motode filologi yang meliputi beberapa langkah sebagai berikut. Pertama, membaca beberapa katalogus atau buku-buku yang memuat keterangan tentang pemaskahan--terutama yang berkaitan dengan naskah hasil karya ulama tersebut di atas. Kedua, mencari atau melacak naskah salinan karya ulama tersebut di atas berdasarkan beberapa katalogus atau buku-buku yang telah dibaca. Ketiga, Membaca sejumlah naskah salinan dan hasil penelitian terdahulu terhadap teks-teks karya ulama tersebut. Dan Keempat, menetapkan teks dari naskah hasil karya ulama tersebut di atas. Pemecahan Masalah Dimaksud dengan kitab kuning adalah buku-buku klasik berisikan tafsiran dan penjabaran Islam yang ditulis oleh para 'ulama (laki-laki), 'allamah (perempuan) dengan pola pikir dan format pra-modem. Dalam makalah ini yang dimaksud dengan kitab kuning yaitu yang secara populer dan meluas dipakai oleh kalangan kiai/ulama tradisional dengan basis di pesatren dan masyarakat pada umumnya lnqeslp uguuleSgas '(e-(rme.lF wp rqBN upedel erlss lfue!) qo,pq uuln){elaul {nlun tq€N uetrruz Ip LrErhilllelgd ered ueslutuuad Suuruel ue4tern8ueur uern| 'tlenco)t uduel 'uuquref,seual ;uE$!l reSeqreq uul8p lsqrlJol uenduarad une>1 edeleq ue4lnfunueur ue1s1 qerefa5 's6t:g iuotuu, rrf qerns ruel?p sufiayadlp BueK qoqlo PP $Jts-teJts Suelual ualemfualre fluef. ]nqosJoi tef,e uupfue1 Irep IDInqro] 'uenduraled un?{ e8nt uqqepu 'lryl-ppl une4 eped seleqrel {spp FI ;rzll,q7q1o :inlnepede4uelfnd u?IFequaur uznS -[e €ilq€q uulselafuatu (fOOt) quqlqs nqesrol ue8uepued ue8uap uele[ag ' G K'q,'266 I'q€qlqs) >tpnod 3wP1 {nsetuJel uednprqel Sueplq ge8eqreq uelep '1eq1suu4re.les lJaqtuoru uep ndureu spratlr uep Sursuur-Surseru re8e 1a1m,{seru ue8uequal.led r1n>p8ueu ndueur e,(uuarpi epld qeurlsnur ucnduered uup DiBI-D[e1 derles uBDIItuop ueBuap uSSurqes 'esen8uad sptsdT{ {l}lqnuqlsuu uaquoul {nstulo}'uednprqel uuryuqrad4re{lgqe{ r8es ele8as dqec1m jnqn," uelefte8eu qntn,{ueru, qelo Sunpue4p 8uz,{ uetileBuad Suupes 'ueessnEusd uep 'uenlueq 'etuesel.leq drupcueur e(uueqio8ued v;r-pp,ofilno e]e) es€{rod Br{€m qegv e{uqnaaunsas'q€1v t{oto t€tuqei lreqlp ue{e il,H:lt'rlqrffiT.[] uep qellv epedal 1B€l ?{ereu uep ,1e1ez uelruunusr.u 'le1us ueryrrpueru 'ru>lEunur 6uei qe8e,{ueu Snqetu Eue,( uelefra8uoru 1n1un qnrMueu eIaIoIAI 'e,(uuru1 uer8eqas r8eq ,o{rtno qepp? E{areu uelSeqes 'uundruarad ueP llel-Hsl 'usluueq 3ue,( Euuro-3uero ueq,. '( t oz'q !1'8edeg) 1 7:6' qoqnol-JY letns ruslep qel?pe uendurar:d runal 1ur1od {BI{-{eq ue8uap e{uuu1rc1 tu?lep rnslsl rl{Itued ered qelo uDIBInLue{lp Suuas SueK w(e ntus qel?S 'e,tpnq lersos Sueplq tuBIPp uenduared wleqllrele{ ueposred Sueluel uelselefuau 8ue,( srpeq uep 1e,(e 1u,(uuq dnlnc ulel IsIs lC 'Hulel runol eped e,{ual 1nqosJel sueplq Iseluquleur 8ue,{ eure8e u€nluela{ nele 'flutun1 q31D{ sllnuotu {nspurnl e,{epnq lersos Sueplq LuBIBp uenduered u?}BqIIJe}eI Suereleu te8eqes tuuqedp ledep 8uu,( und erue8u u?nlualal nles us{nurellp rypll pntuq?h{ lnrnuetrAl '(StE-gOg'q'966I 'qBLIIqg) u, uqe,{e 1tuu83uad rc8eqes elsred esen8uad r.r1nd ue1e18ue8uad elueq re8uapuou nBIIaq e>IIIaI ''rrres tqulq uBIfftIqIp 3uu,( snsnqq snse>1 re8eqas ruequdrp 'uenduared epedel eleJatu LIusnJn uelqe;e,(ueru 8uef, tunu:1 nlens ue8unlunJeq leppa{ ueryn8ueu 8ue{ srpeq uup 'st3o1 IBpI} Isllulp 'uendurarad uzeruu8uraqo{ usp Ju>1e ue8uernlal Sueiual srpeq uolSuepeg 'e38uel qeunJ uednptqal $leluol {.uBIep BJ€rrqJeq inqes:el 1e,(e rSelude 'uetltuep lui8qeJtp snJeq lepll '(t€:l'S'O uundruerad urnel r8uq utdtutued qPIepB plEl-lIE-D .DStN-lD o7o, untuornrxnb p!!A1y r(unqreq 3ue.( uern|-1y 1e(e e,ttqeq ieqtleur 3ue,( rarodua}uol rtseJnLu elnd 1u,{uuq uurlas unrueN'e,(uure1 JrsuJnru uel8eqes qelo l}n{llp tut ledepue4 menerima perempuan ikut berperanserta dalam diskursus kitab fikh, mereka pada umumnya memandang tabu, ekstremnya mereka memandang haram bagi perempuan menulis kitab kuning. Fatima Mernissi, sebagaimana dikutib oleh Martin adalah salah satu contoh dari seorang sarjana Muslimah Maroko, yang berupaya mencoba membongkar persoalan mendasar tersebut berdasarkan hadis-hadis yang diakui secara umum (a/- Kutub al-Sittah) yang agaknya melestarikan adat istiadat pra-Islam, sungguhpun diatasnamakan Nabi. Menurutnya hadits-hadits yang berhubungan dengan eksisitensi perempuan yang diriwayatkan oleh Abu Hurayrah umumnya cenderung mendukung adat istiadat pra-Islam dan boleh jadi karena konon ia memang tidak sempat mengenyam hidup berumahtangga, maka sedikit banyak berpengaruh terhadap hadishadis yang ia riwayatkan. Pembahasan Dalam kitab kuning yang ditulis oleh ulama laki-laki masih terdapat keragaman perihal sikap terhadap perempuan. Hal ini dapat dilihat dalam kitab-kitab mengenai hubungan suami istri. Lebih dari itu, uraian kitab kuning mengenai hal tersebut selalu dari pandangan laki-laki, ia selalu sebagai subjek sedangkan perempuan sebagai objek. Selanjutnya diskursus dominan, perempuan dibahas seolah-olah ia makhluk yang hanya berguna untuk melayani laki-laki dalam segala hal. Misalnya, dalam kitab 'Uqud al- Lujjain.. Pertanyaan mendasar yang seharusnya diajukan adalah apakah ketidakseimbangan antara laki-laki dan perempuan hanya bagian dari budaya kitab kuning atau inheren dalam Islam ? Selanjutnya apakah jilbab dan larangan perempuan keluar rumah hanya berdasarkan salah satu di antara sekian banyak interpretasi Islam, atau perintah mutlak Tuhan ? Gibb misalnya, dengan rasa menyesal nrengatakan bahwa hukum-hukum fikh mengenai perempuan tidak didasarkan atas uraian al-Quran melainkan atas hadits-hadits yang mencerminkan adat suku Arab. Dalam perkembangan hukum Islam selanjuatnya, demikian kesimpulan Gibb, para ahli fikh temyata lebih dipengaruhi oleh adat (terutama konsepsi tradisional tentang 'irdh (kehormatan suku) daripada ketentuan al-Quran (Martin, 1993, h. 179). Dengan demikian dapat dikatakan bahwa terdapat perbedaan pemahaman antara pesan-pesan dasar wahyu dan Sunnah dengan perkembangan penafsiran (interpretasi) dari pemikiran fukaha atau dengan kata lain bahwa syariat al-Quran lebih fleksibel ketimbang syariat yang terdapat dalam kitab-kitab fikh sebagaimana contoh ijtihad Khalifah Umar bin Khathab yang membolehkan laki-laki mengucapkan talaq tiga sekaligus, misalnya, membatalkan perlindungan yang diberikan perempuan oleh Al-Quran dan mengembalikan hukum adat yang membolehkan laki-laki untuk segera melepaskan istrinya, tanpa alasan. Pandangan serupa banyak kita jumpai dalam kitab-kitab fikh seperti al-Iqna fi hali l-la/hzi Abi Syuja, tt. h. 153-4; Fathu l-Wahab t". h.76-7 . Kitab tersebut oleh Al-Sinkili dijadikan salah satu referensi dalam karyanya kitab "Mirat at Tullab". Sisi lain dari diskrimasi terhadap kaum perempuan adalah kenyataan bahwa sumbangan perempuan terhadap perkembangan ilmu pengetahuan, sastra dan senirupa dan bahkan kitab kuling sering tidak diakui. Di antara kitab kuning yang banyak dibaca di Nusantara terdapat satu yang dikarang seorang 'allamah Melayu yang perempuan. Manum tidak banyak pembaca menyadari hal ini, sebab kitab itu bclakangan diatasnamakan seorang laki-laki, yakni pamannya sendiri (Martin, 1993, h. 177). Kitab ini dikenal dengan judul Perukunan Jamaluddin Nampaknya kitabnya sangat sederhana-perukurun-berarti uraian dasar I B Inspirasi, Jurnal llmiah Multi Science, Vol. 18, No. l, Maret 2009 : 15 -2l lE" 6t 'ugq-le 1ege,(g uely 1e.[el quEF5 ru4e,{ 'n1r useru eped qecy esen8uad eped poutl4Sal uDIIJeqIxeu Suns8uel {sptl tEm III{ulS -ly rfig u,&u1 n1r eueJal qe16 'uendurered ueutdrutuede>1 depuqr4 y u ' 8uern1 u,(uurnurn eped uuuur 8ue( ruung euuln-Bueln qalo tssutuop ry hfq qelrl snsrn{slp n}l eseur eped euutu Ip ru€lsl Brunp Ip uselqrenl 8ue,{ stlglod {Edry ru,(undueu lnqasrel IIHuIS -1y q41f e(rc4 srlnued lrunuel4tr 'repuef ueposred {nstuq'pq ru8eqreq u?lup lerepou qrqal 8ue,( BffluesnN uuruln SuoloS.rel IIpfulS lV 'rJ?q-rJpqes uudnprqe4 >1edsu ele8es Ilndrleu $r ruelsl uemp ErtFt ntr rJ€p qrqol uBp 'rur uurc1es ruruqedrp euerute8eqas ltdtues {epll nll urelq cri E/(r.{Bq ucequred eped uulsuleluou ut?ut et 'pnsluureq inqosrel pul QlJ 'rI] qqt lrunushtr 'uJC-lv 1ege,(5 uely p.[el Llsuullns ru1u,( 'uendurered Suuroas qalo 8'rdsd Ip gecv u?uetlnsel ry esen8ued nll te?s eped qeqag 'Bl€tues srlrlod ue8uequrynd EUeJeI lnqasJel IBr{ IpBf qeloq '(sy83ul esuquq tuslep 'aqs nvle 'souuonw) uendulasd uep (srr88ul ?s?r{Bq ruslep 'aq nete 'n44ozpnw) piul-llel uretue sruat ueupeqcd urefepadtuaru Eun:apuec 8uef, ueelu>ped pepurq8ueu uI 'uf,uueg11ya1 E?d uaed ueepaqrad uepos;od-ueleosrsd ue8uep uutle)iJeg '(tOZ 'q 't661 nzy) e0ug Iursos qepeqr ueleosrad-ueluosrad uep 'rurouola 51r1r1od ueluosred s€qpqruatu Bq@ €l 'nt! uup qnul qrqsl 'rde1e1 uBIu lnqesJol 1eq ue8uep u€lrulraq 8ue,{ ueJuornd ser{Bqrlretrr 1epr1 efu8uas e,(u4edueu ll]luls -ly 'l[otl uep 'osond 'uoru1-r W 'uto1s1-1 nuayrD 'qDnqq q?lesuur uuleJecrqtueu ureJ vJelue 8uu{ 'grgugA -1y g|lf 'u,(unpqepuad eueln e(:r.l ttttt{ q€}H-qe}H uu8uep epeqreq qnet er(uuesequpl e{r}€uetrsrs tuel?p nqesret qeil) 'IAX puqu r{ecv ueue}lnsa{ esfud 'uJC-lV 1ege,(g UrBIV IB.[-€J qeuutps ueuoqourad sBtE sllntlp Sued 99ry15 -gy Jn?u-lv pqy e.(erq qoilnJlo lDrw 'mppnlof uDurufind qBill ue8uep UPP[es 'pleq seu uped uendruered r8ug Sue.repp 8ue[ 1uq-pq Suelual Suelued uope-rru {epl} qetlrpeC '(ueqrqnlasred) qoqouo{ uep '(uern8nBe>1) qopnyn 'seJlu TFt '(pF{efs l}Eru rpnce{) Ipru :rpu€tu uelqrfuneur 8ue.{ e.re1;ad eull epe e/y\qeq qpr uI lp4au qlqal BJecas | ,,pns,, rypll ppq uwpeel r.uel?p uenduarad uulfele"{ur leJISre] eJeoas Bue,f) .,nnstaq,, ryados rlelrlsr re>letuetu leprl eI 'roto{ qelef pFI Islpuo)t ruplep Suepes 3uef, uendure:ed qelo-qeloas uesel Bpe )ppp ledtueu "{qr*ppreq r.lepnses rpusrrl uep preq uu{erucrqtuotu er e>IIIa) '(uurslusel nete uusrll 'qobfio ruedes) ultuele{ sruaf enpsl Ere}ue ualepeqtuetu }e8ues Suef ereryad up trepuq8ueu €qocueu EI 'plBI-plBI epeduep rcns 8uurn1 n€le qepuer qrqal rsrsod upd uendurerad uap{B}elaur {€pll srlnued unurep'1u,(eu snrn8ueru sJBc uep usend S ueSuap ue8unqnqreq 1o1od uente edureqeq ue>pern8ueu e(ueq uup euur{repas &r nqesret qulq u,(uue1eqr1o1u(ursr r8es uep t€r{lllq Jlteurelle rplu qe}pl sr1nueru u@ ue8uep 8ue( surueg Sueroes u?Inq lnqesJel qelpl srlnued re8uqes qerulleC 'udusguapr qelpl IrBp uu8uep epeqreq qnut4uplt urypnpwDf uzuruprad qelpl 'lsl r8es ue6 '(tD'cot) (s6ng qur.lu^r-l npy ue8uep'qe;uu,(g 'pu,{s.ly W{e,(S rrlnd ueuraruryad rrgrqel 8uef,) qetulleC rup^( 'uendrue.led Suuoes u€>lureletu 'pqasral qe1r1 Suere8uu 8ue,t er uulnq ?,!\qBq uelle8u€ueu leduelas Islper} rueleg 'u,(uueurez uped uuq6 ueluerlrrl€) rp leuelJel 8ur1ed 8ue( erueln epnf uep qnruSuedteq ]e8ues 8ue-( $H -qe1 Sueroes eledn.leur er ?ueru p Srgfueg-yy pefs.ry u4nd qelepe urppnleruef 'uryEl lnrnuel4tr ,,'g:g[ueg-1y pe,(sry puur.ueqnl WtlD[S-tV ilqpD.i-lv ullD,-lV utLttltDlil] uqr urppnletuel !{nW qoLuDlly-lv rylv,1y uu8uure>1,, quleps }ul qs}H E^\qBq eureued uetueleq tu?l€p srpueJ 'rJ€qruo{ Iete3lp Sulres uup }nqesrol qslH-qulll erelu? !prelndod 3u11ed 8ue{ nles qeles uopdrueru rdetst-uprul un>Iru uep tuelq un1ru 8uuryru Berbeda dengan Fatimah dan Al-Sinkili, Al-Rdniri misalnya dalam kitabnya Shirath al-Mushtaqim, "Pasal pada menyatakan segala yang membatalkan wudu" dijelaskan antara lain'adalah bertemunya kulit laki-laki dengan kulit perempuan yang bukan muhrimnya... , maka batal wudunya (Iskandar,1992,h.42). Sekali lagi hal ini memberi kesan bahwa seolah-olah perempuan itv "kotor", sehingga bagi mereka (lakilaki) yang bersentuhan dengan perempuan maka mereka harus berwudu. Ia menyetir sebuah ayat Al-Quran Surat Al-Maidah,5:6 (aw lamastumu n-Nisd) lamisa dalam ayat tersebut dapat diartikan'omenyentuh" dan"bersetubuh". Jika diartikan menyentuh maka seseorang yang "menyentuh" perempuan (Al-Syaif i; selain muforim, lmam Malik: dengan sahwat) batal wudunya. Menurut Imam Abu Hanifah, yang membatalkan wudu ialah bersetubuh dengan perempuan karena lamisa diartikan bersetubuh (al-Jimd). Kelihatannya Imam Abu Hanifah lebih moderat katimbang ulama fikh lairnya. AlR6niri, dalam kitab fikhnya secara jelas dan tegas ia pengikut setia mazahab Syaf i yang lebih rijid dan saklek itu. Lebih jauh dalam babu ma yajibu l-gusla ia menjelaskan hal-hal yang berkaitan dengan masalah wajib mandi bagi perempuan antara lain ... haid, nifas, danwiladah ... (Ibid.h.45) Begitu pula pembahasan serupa dapat ditemukan dalam kitab "Asn Al- Maqasid' dalam bab bersuci dan mandi wajib (Rifa'i Kalisalak, tt, h. 75-7), karya Ahmad Rifa'i Kalisalak dan kitab "Majmu'at al-Syari'ah" karya Al-Syaikh Hajji Muhammad Shalih ibn 'Umar, secara eksplisit dibicarakan secara gamblang ketika membahas persoalan yang membatalkan wudu, keduanya sejalan dengan pandangan Al-Rdniri. Kedua kitab ini, juga merujuk kepada pendangan Syaf i, tentang hal tersebut di atas. Oleh karena itu, perempuan dalam penjelasan kedua kitab tersebut di atas juga terkesan "kotoF". Jadi dapat dipahami bahwa kitab-kitab hasil karya ulama laki-laki di belahan Nusantarapun masih dijumpai pembahasan-pembahasan klasik berkaitan dengan penajaman perbedaan jender. Secara eksplisit perbedaan jender dapat ditemukan di dalam kitab "Uqud al- Lujjayini" karya Imam Naw6wi yang mencoba menjelaskan tentang hak dan kewajiban suami-isteri. Dalam kitab ini, mula-mula membicarakan tentang persoalan hak-hak cian kewajiban isteri terhadap suami, kedua, membicarakan persoalan hak-hak dan kewajiban suami terhadap istri., ketiga, membicarakan persoalan keutamaan salat bagi perempuan adalah di rumah, keempat, membahas persoalan pandangan laki-laki terhadap perempuan lain. Naw6wi agagnya ingin menanamkan pada pembaca tentang hubungan rumah tangga ideal yang sesuai dengan tradisi keislaman, namun ia nampaknya lebih menonjolkan kultur Arab yang condong maskulin. Nawdw? Al-Bantdni kelihatan sangat ekstrim dan bias ketika berbicara persoalan kebutuhan biologis (seks) lakiJaki, ia mengutib sebuah hadis Nabi yang menyatakan bahwa jika perempuan menolak keinginan suaminya dalam melayani kemauan biologisnya, maka perempuan tersebut dikutuk malaikat semalam suntuk (Nawawi, tt, h.7). Contoh lain misalnya serorang isteri yang pergi keluar rumah tanpa seizing suaminya maka baginya tiap-tiap langkah dari kepergiannya itu dihitung sebuah dosa (Ibid., h. 9). Dari pandangannya tersebut dapat dikatakan bahwa Nawdwi terkesan selalu menggunakan tolok ukur laki-laki, sehingga terkesan sepihak. Pembahasan sebagaimana tersebut di atas tidak ditemukan dalam kitab Perukunan Jamaluddin karya Fatimah maupun dalam kitab Mir'at al-Tulldb karya Al- Sinkili boleh jadi hal itu untuk menghindari kesan bahwa perempuan seolah-olah rendah martabatnya di hadapan laki-laki. Inspirasi, Jurnal llmiah Multi Science,Yol. 18, No. l, Maret (opn11 pswo[g) "" "' D'toluDsnltr uot'Ppg lp nulunx qoltx snstEstO uoru 'q' IZ ' ll .Brlnd eqoql :Euere usag',su p ffnT 1V Wbn' -:!?rlt{ uql pntqV 'J1BPqFX Lg.I ('dr rr ) '*p1t1sobo1tg1t us1 ""pvwu)sqnhl .266I .BIBlsru uw es?qeg ue,,*te(l :rndrunl ulen; ) '(pg) repuols | 'L 'u'tulos-s'nun$ng 'u 'ugpv rnN '!{ugt{Ir Z66l'uezrl l: Eunpueg',,uotn@-1y unpwnqwal4*p;ry 'p'Jg 6udaq :eue>luf 'u'(uqeuafta1 uup wn]ry '9661 'u€z$At :Eunpueg ',,uonfi1y uosontDl1 -ff6 't661 '8I SINI '?ue{€t' ,puyny qotlx uop uondurata4 'unndwata4 uop &u1uny qoryX-q4{ '€66I '81 SINI : ?uBI€t ',,*uuny qDilX uorDqwaT DroluY lp uondwata4"4ell0 'b661 (uezryN:EmPuug 'fillx uop illX pDqV oroluosnN uono1nday uop t4o\ual mwu oluvln uoBqmT -"** '7661'[11sra,uun Blqtuoloo ,rsopasag...saunlue3 qluaalq8urg puv lueelualos eql uI .?uelfl' uirseuopq-'(ep14 pus llIslse elpplhl Jo $Uo/$leN: Blsauopul ol lusltuJoJeu slurlsl Jo uolssnuuus'Il aqt ?Etr Dlolsod ,DUDO 'uendruarad u[trF rnlun ouuoslnra uBrpnuel (ur1ryq) rupoo uep uuutdtururadel nw l|Dtttottt! tl8lEil ersclqraq €Ipe{ nrypzpnw us}nqos uupulqueru sqorueur el 'IIplulS e[n1 'qry j, ,i),tw qniirliantiil8eg'rapuetunepaq'ed ]lslld>{e Breces elttanrr 'uefeueduaru ,irytqri ntu,i1n u,fte1 Surun{ q€}H , ueroqul uer8eq }nqesro} ueposrad Earll .uot$psaq uep trrro;','qiOl,bo.iuptriiO ruedes ueseququred ueputq'ueu u1^'p*6 -1y pe,(s.ry llulq qzulleg e,ftq urypnPwof uDwvnnd qslpl ?u€tuln]'q's _qgg rur Brrrulas auuf ueauup,irA n*i*ilheqas ltdues rypP nll urelsl uerele B^\I{eq B*quei fequuSuepuudueltrequeruutSut,}n*-,}n*".e,(uuqefustlnuaderede(uleduul[E 1nq ,.rr1rp un.,eu 'i.pulr Bueluel Jll,urellts qe1p1 slplefre{-}BnqtlIelu pnsryulraq +B lfirrllnurO ered er*qeq un1r11p fiep undqnSSung 'repusf qelesetu ue8uep usqs{rrll 'nJBq esu,nu unrl,rrq*r,, nqo'ut'' 8ue'( 8uprn1 qelll snsJDlstp 'uunpel1 prsobo1y1 *7 IBIBsIIu) I.EJII{ p?urqv -edru>l qelpl 'ylugu-1y etue1 wtbolsnyg Dt4wiis qnf11 '1ue1ueg-1e. ime'neN q'-I^efuq e'(uuu8uepued-us8ueprd 'ulto{n71o pnbn, qelq e,(uleslu s?lq n1'f i "pt'"[qeluseu nlr euore>{ q"ro 'opirlf ueleosred'tq'p pprqel rmln rolo} ueleun8Sueu 8cfi n.nfn ungunpurd-uuiuepued III{eA\aru 8uu,( 8urun1 qs}DI snsJruIstp 'euega4 "ep€<1r{ Burps Bue( uu3uepued enp tpnlii* ue1>1oduro1eryp tudup XIX pequ rcduus IIAX PctF sJ€lu€snNu€qBlaqunrn^rr1',p'SutunlqelllsnsJDIsIpurBIEprepuefSrlledsre4 uu1ndur15