PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE INVESTIGASI KELOMPOK DENGAN MEDIA SOFTWARE MICROSOFT POWER POINT UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DI KELAS XI IPA I MAN MODEL KOTA BENGKULU

Hamdani, Dedy (2014) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE INVESTIGASI KELOMPOK DENGAN MEDIA SOFTWARE MICROSOFT POWER POINT UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DI KELAS XI IPA I MAN MODEL KOTA BENGKULU. EXACTA, 8 (2). pp. 54-63. ISSN 1412-3617

[img]
Preview
Text (Article)
07. Dedy Hamdani Hal. 54-63.pdf - Bibliography
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (101kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan ativitas dan hasil belajar fisika siswa dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe group investigation dengan media microsoft power point. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam tiga siklus. Setiap siklus dilakukan dalam empat tahap yaitu tahap perencanaan (planning), tahap pelaksanaan tindakan (action), tahap observasi (observation) dan tahap refleksi (reflection). Subjek penelitian adalah siswa kelas XI IPA I MAN MODEL kota Bengkulu yang berjumlah 32 siswa. Data diperoleh dari hasil tes siswa, nilai laporan, dan lembar observasi. Selanjutnya data dianalisis dengan menggunakan statistik diskriptif. Hasil penelitian menunjukkan terjadi peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa. Nilai rata-rata aktivitas belajar siswa pada siklus I, II dan III adalah 36, 42,5 dan 47 (nilai maksimum adalah 48). Nilai akhir rata-rata siklus I, II dan III adalah 82,5; 87,7 dan 91,3. Persentase ketuntasan belajar untuk ketiga siklus adalah 100 %.

Item Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Journal
Depositing User: 021 Nanik Rahmawati
Date Deposited: 21 Mar 2014 09:18
Last Modified: 21 Nov 2017 08:37
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/6691

Actions (login required)

View Item View Item