PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN GENERATIF DENGAN MENGGUNAKAN ALAT PERAGA TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP CAHAYA KELAS VIII DI SMP NEGERI 7 KOTA BENGKULU

Hamdani, Dedy and Kurniati, Eva and Sakti, Indra (2014) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN GENERATIF DENGAN MENGGUNAKAN ALAT PERAGA TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP CAHAYA KELAS VIII DI SMP NEGERI 7 KOTA BENGKULU. EXACTA, 10 (1). pp. 79-88. ISSN 1412-3617

[img]
Preview
Text (Article)
10. Isi vol x 2012 - Dedy Hamdani 079-088.pdf - Bibliography
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (154kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran generatif terhadap pemahaman konsep siswa yang menggunakan alat peraga sederhana siswa SMP Negeri 7 Kota Bengkulu. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuasi eksprimen. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 7 Kota Bengkulu. Dengan teknik purposive sampling diperoleh kelas VIII.A sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII.D sebagai kelas kontrol. Instrumen penelitian yang digunakan adalah soal tes pilihan ganda beralasan (multiple choice tests with written justification). Data dianalisis dengan menggunakan uji normalitas, uji homogenitas, uji-t, dan ANAVA. Hasil analisis diperoleh, nilai rata-rata post test kelas eksperimen adalah 79,77 dan kelas kontrol adalah 71,39. Uji-t kedua kelas sampel untuk posttest dengan α = 0,05 diperoleh thitung = 6,429 sedangkan nilai ttabel adalah 1,997. Karena thitung> ttabel maka dapat dikatakan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran generatif menggunakan alat peraga terhadap pemahaman konsep siswa SMP Negeri 7 kota Bengkulu, dan besar pengaruhnya adalah 35,51%.

Item Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Journal
Depositing User: 021 Nanik Rahmawati
Date Deposited: 21 Mar 2014 09:13
Last Modified: 21 Nov 2017 08:38
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/6693

Actions (login required)

View Item View Item