PENERAPAN MODEL MISSOURI MATHEMATICS PROJECT DENGAN PENDEKATAN KONSEP BERBASIS ICT UNTUK MENGATASI KESULITAN MAHASISWA DALAM PEMBELAJARAN FISIKA MATEMATIKA II

Hamdani, Dedy (2014) PENERAPAN MODEL MISSOURI MATHEMATICS PROJECT DENGAN PENDEKATAN KONSEP BERBASIS ICT UNTUK MENGATASI KESULITAN MAHASISWA DALAM PEMBELAJARAN FISIKA MATEMATIKA II. In: Seminar Nasional Fisika Universitas Andalas 2013, 7 Oktober 2013, Padang.

[img]
Preview
Text (Proceeding)
Prosiding SNFUA 2013 -- Dedy Hamdani.pdf - Bibliography
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (329kB) | Preview

Abstract

program studi (prodi) Pendidikan Fisika, Jurusan Pendidikan Matematika dan Ilmu Penegtahuan Alam (JPMIPA), Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Bengkulu dalam perkuliahan Fisika Matematika II melalui penerapan model Missouri Mathematics Project (MMP) dengan pendekatan konsep berbasis information, communication and technology (ICT). Subjek penelitian ini adalah mahasiswa prodi Pendidikan Fisika, JPMIPA, FKIP, Universitas Bengkulu yang mengukuti perkuliahan Fisika Matematika II pada semester genap tahun akademik 2012/2013 yang berjumlah 35 orang. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam empat siklus dimana setiap siklus dilakukan dalam empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Aktivitas belajar mahasiswa diamati dengan menggunakan lembar observasi sedangkan hasil belajar mahasiswa diperoleh melalui tes. Data yang diperoleh dari lembar observasi dan tes dianalisis dengan menggunakan statistik deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas belajar dan hasil belajar mahasiswa meningkat dibandingkan siklus sebelumnya. Rata-rata skor aktivitas mahasiswa pada siklus I adalah 17,5 (kriteria cukup), pada siklus II adalah 21,5 (kriteria cukup), pada siklus III adalah 25,5 (kriteria baik) dan pada siklus IV adalah 29 (kriteria baik). Rata-rata hasil belajar mahasiswa pada siklus I adalah 65,2 (skala 100) dengan ketuntasan belajar sebesar 34,3% (Belum Tuntas); pada siklus II adalah 70,2 dengan ketuntasan belajar 51,5 % (Belum tuntas); pada siklus III adalah 74,4 dengan ketuntasan belajar 68,6% (Belum tuntas) dan pada siklus IV adalah 79,9 dengan ketuntatsan belajar 91,4% (Tuntas). Jadi, penerapan model MMP dengan pendekatan konsep berbasis ICT dapat meningkatkan aktivitas belajar dan hasil belajar mahasiswa prodi Pendidikan Fisika, JPMIPA, FKIP Universitas Bengkulu.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Journal
Depositing User: 021 Nanik Rahmawati
Date Deposited: 20 Mar 2014 21:21
Last Modified: 21 Nov 2017 08:36
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/6698

Actions (login required)

View Item View Item