PENERAPAN MEDIA PEMBELAJARAN AUDIOVISUAL PADA MATAKULIAH PENDAHULUAN FISIKA INTI

Purwanto , Andik (2014) PENERAPAN MEDIA PEMBELAJARAN AUDIOVISUAL PADA MATAKULIAH PENDAHULUAN FISIKA INTI. EXACTA, 7 (1). 09-16. ISSN 1412-3617

[img]
Preview
Text (Article)
02. Andik Purwanto Hal. 09-16.pdf - Bibliography
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (79kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi masih rendahnya hasil belajar matakuliah Pendahuluan Fisika Inti di PS Fisika FKIP Unib TA 2005/2006 dan TA 2006/2007. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar, aktivitas dosen dan mahasiswa pada matakuliah Pendahuluan Fisika Inti di PS Fisika FKIP TA 2007/2008 melalui pemanfaatan media pembelajaran berbentuk VCD pada proses pembelajaran. Penelitian ini didesain secara kuasi-ekperimen dengan satu kelas ekeperimen yang memanfaatkan media audiovisual dalam proses pembelajaran dan satu kelas sebagai kelas kontrol dengan pembelajaran biasa. Berdasarkan data hasil tes diperoleh bahwa pada kelas eksperimen setelah dilakukan pembelajaran berbantu media audiovisual berbentuk VCD diperoleh nilai rata-rata kelas 79, daya serap klasikal 79,4 %, ketuntasan belajar klasikal 94,7 %, skor rata-rata observasi aktivitas dosen berada pada kategori baik (41,7), dan rata-rata observasi aktivitas mahasiswa berada pada kategori baik (34). Pada kelas kontrol setelah pembelajaran diperoleh nilai rata-rata kelas 69, daya serap klasikal 69,1 % ketuntasan belajar klasikal 72,2 %, skor rata-rata observasi aktivitas dosen berada pada kategori baik (41), dan rata-rata observasi aktivitas mahasiswa berada pada kategori cukup (29,3). Berdasarkan uji hipotesis melalui Uji-t dengan level signifikansi 0,05 diperoleh t hitung = 2.13 > t tabel = 2.02, hal ini menunjukkan adanya perbedaan hasil belajar antara pembelajaran berbantu media audiovisual dengan pembelajaran biasa. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa hasil belajar mahasiswa dengan pembelajaran berbantu media audiovisual lebih baik dibandingkan dengan pembelajaran biasa.

Item Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Journal
Depositing User: 021 Nanik Rahmawati
Date Deposited: 20 Mar 2014 21:07
Last Modified: 21 Nov 2017 08:46
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/6704

Actions (login required)

View Item View Item