IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD BERBANTUAN SIMULASI PHET PADA MATAKULIAH FISIKA DASAR II

Hanisa Putri, Desy (2014) IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD BERBANTUAN SIMULASI PHET PADA MATAKULIAH FISIKA DASAR II. In: Seminar Nasional Fisika FMIPA Universitas Sriwijaya, 4 Juli 2012, Palembang, Indonesia.

[img]
Preview
Text (Proceeding)
MAKALAH SEMINAR DIUNSRI 2012.pdf - Bibliography
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (29kB) | Preview

Abstract

Abstrak. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas yang dilaksanakan dalam tiga siklus yang bertujuan untuk mengetahui peningkatan Aktivitas belajar dan Hasil belajar mahasiswa pada matakuliah Fisika Dasar II konsep listrik dinamis. Subjek penelitian ini adalah mahasiswa P.Fisika FKIP UNIB semester 2 TA Genap 2010/2011 yang berjumlah 31 orang. Data yang diperoleh dari tes dan lembar observasi dianalisis dengan menggunakan statistik deskriptif. Penelitian ini dilakukan dalam empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Aktivitas belajar mahasiswa pada siklus I memperoleh skor 26 dengan kriteria aktif, siklus II memperoleh skor 29 dengan kriteria aktif, dan siklus III memperoleh skor 30 dengan kriteria aktif. Hasil belajar pemahaman konsep pada siklus I diperoleh ketuntasan belajar sebesar 74,19% (Belum Tuntas); siklus II diperoleh ketuntasan belajar 77,42% (Belum tuntas); siklus III diperoleh ketuntasan belajar 100% (Tuntas). Jadi, Implementsi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Berbantuan Simulasi PhET dapat Meningkatkan Aktifitas dan Hasil Belajar mahasiswa pada matakuliah fisika dasar II konsep listrik dinamis.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Journal
Depositing User: 021 Nanik Rahmawati
Date Deposited: 20 Mar 2014 20:56
Last Modified: 21 Nov 2017 08:39
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/6705

Actions (login required)

View Item View Item