PERBEDAAN HASIL BELAJAR FISIKA MELALUI PENERAPAN METODE PROBLEM SOLVING DAN METODE KONVENSIONAL DI SMP NEGERI KOTA BENGKULU TAHUN AJARAN 2011/2012

Hanisa Putri, Desy (2014) PERBEDAAN HASIL BELAJAR FISIKA MELALUI PENERAPAN METODE PROBLEM SOLVING DAN METODE KONVENSIONAL DI SMP NEGERI KOTA BENGKULU TAHUN AJARAN 2011/2012. In: Seminar dan Rapat Tahunan Bidang MIPA, Badan Kerjasama Perguruan Tinggi Negeri (BKS-PTN) Indonesia Wilayah Barat , 4 - 5 Mei 2013, Lampung.

[img]
Preview
Text (Proceeding)
MAKALAH SEMIRATA DIUNILA 2013.pdf - Bibliography
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (81kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mengetahui perbedaan hasil belajar fisika melalui penerapan metode problem solving dan metode konvensional di SMP N Kota Bengkulu. 2) mengetahui berapa besar perbedaan hasil belajar fisika melalui penerapan metode problem solving dan metode konvensional di SMP N Kota Bengkulu. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa SMP Negeri Kota Bengkulu sebanyak 22 SMP. Sampel penelitian ini sebanyak 10 kelas yaitu 338 orang siswa yang berasal dari 5 SMPN. Sebelum dikenai perlakuan kedua kelas (kelas eksperimen dan kelas Kontrol) tersebut diuji homogenitasnya dengan uji beda mean yang berdasarkan nilai rata-rata hasil belajar. Teknik pengambilan sampel adalah teknik proporsional random sampling. Metode pengumpulan data adalah tes, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji t-test yang sebelumnya dilakukan uji normalitas dan homogenitas. Hasil penelitian pada taraf signifikansi 95% diperoleh thitung = 14,235 sedangkan ttabel =1,645 Dengan demikian dapat dikatakan bahwa ada perbedaan hasil belajar fisika siswa yang dibelajarkan dengan metode Problem Solving dan metode konvensional. Untuk mengetahui mana yang lebih baik dapat ditentukan dari nilai N-gain. N-gain kelas kontrol sebesar 0,453 dan kelas eksperimen sebesar 0,655. sehingga dapat diambil kesimpulan bahwa hasil hasil belajar siswa yang menggunakan metode Problem Solving lebih baik dari pada menggunakan metode konvensional.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Journal
Depositing User: 021 Nanik Rahmawati
Date Deposited: 20 Mar 2014 20:54
Last Modified: 21 Nov 2017 08:40
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/6706

Actions (login required)

View Item View Item