MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM SOLWNG SEBAGAI ALTERNATTVE PEMBELAJARAN FISIKA

Swistoro, Eko (2014) MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM SOLWNG SEBAGAI ALTERNATTVE PEMBELAJARAN FISIKA. In: Permasalahan don Solusi Pendidikon MIPA di Indonesia Berkenoan dengan Penekanan Konsep Sains dan Penerapan StrategtPembelajaranrrya, 23 Pebruari 2010, Pendidikan Fisika UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (Proceding)
Proseding UIN.pdf - Bibliography
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (14MB) | Preview

Abstract

Di abad informasi sekarang ini, isu penrbahan paradigm pendidikan semakin ramai dikumandangkan Perubahan terrebut metiputi lruritutun, strategi pembelajaran, dan ase$nen. Makalah ini bertr{uan mendeskripsikan landasan teoretik dan oprasional model pembelajaran yang koheren dengan tuntutan pendidikan terkini. Dari aspek pembelajaran dan asesmen, model pembelajaran problem solving adalah alternative pembelajaran yang bereifat inovatif terhadap penrbahan paradigm pendidikan dan diharapkan dryat memfasilita sisiswa untuk membangun kemampuan melalui pengalaman belajar. Rasionalny4 bahwa kemampuan problem solving merupakan kemampuan utama yang harus dimiliki siswa ketika mereka meninggalkan kelas untuk memasuki dan melakukan aktivitas di dunia nyata baik sebagai individu anggota keluarga, mauprm sebagai anggota masyarakat- Problem solving adalah upaya siswa untuk menemukan jawaban masalah yang dihadapi berdasarkan , pemahaman, dan keterampilan yang telah dimiliki sebelumnya.Model pembelajaran problemsolving' dalam pembelajaran fisika memiliki lias langkah pembelajaran, yaitu: (l) Pemabaman masalah {mengidentifikasi masalah aktual,memvisualisasikan situasi, fikasi informasi yang relevan dengan problem tsb), (2)menampilkan masatah (Mengorganisasi informasi, Apakah inforrnasinya sudah cukup?Melukis diagram, tabel, grafft atau gambar, melukiskan diagranf pemecahan),(3)Merencanakan pemecahan masalah (menenetapkan pol4 menguji pola simulasi atan eksperimen, reduksi atau ekspansi, dan melakukan deduksi logrs), (4) Menjalankan rencana (mengestimasi hasil pemecahan, menggunakan keterampilan menghitung), (5) Evaluasi dan perluasan (mengoreksi jawaban, menemukan altemative pemecahan lain, memperluas konsep dan generalisasi, mendiskusikan memformulasikan masalah-masalah variatif yang orisinil).

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Physic Education
Depositing User: 021 Nanik Rahmawati
Date Deposited: 01 Apr 2014 12:59
Last Modified: 01 Apr 2014 12:59
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/7075

Actions (login required)

View Item View Item