PENGEMBANGAN PENGUASAAN KONSEP MELALUI PEMBELAJARAN DENGAN STRATEGI PRABLEM SOI-Y"VG PADA TOPIK OPTIKA BAGI MAHASISWA CALON GURU FISIKA

Swistoro, Eko and Brotosiswojo, B Suprapto (2014) PENGEMBANGAN PENGUASAAN KONSEP MELALUI PEMBELAJARAN DENGAN STRATEGI PRABLEM SOI-Y"VG PADA TOPIK OPTIKA BAGI MAHASISWA CALON GURU FISIKA. In: Tantangan Guru Pendidikan IPA Abad 21, 30 Juni 2010, Aula PPPPTK IPA, Bandung.

[img]
Preview
Archive (Proceding)
Semnas AGSI.pdf - Bibliography
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (9MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini secara umum bertujuan untuk menghasilkan suatu program pembelajaran yang dapat meningkatkan penguasaan konsep mahasiswa calon guru fisika. Penelitian inimelibatkan 32 orang calon guru pada saat ujicoba dan32 orang calon guru pada saat implementasi. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian dan pengembangan, karena penelitian ini ingin mengembangkan program pembelajaran yang etektif sesuai kondisi dan kebutuhan nyata di lapangan. Pendekatan ini memiliki sepuluh langkah, namun dalam penelitian ini ke sepuluh langkah tersebut dimodifikasi menjadi empat langkan, yaitu: studi pendahuluan, perencenaan prograrn, pengembangan program dan validasi program. Subjek penelitian adalah mahasiswa Program Studi Fisika di Bengkulu. Alat pengumpu! data yang digunakan adalah kuesioner, tes, pedoman observasi dan catatan lapangan. Teknik analisis data yang dipakai adaiah dengan teknik uji Gain yang dinormalisasi. Berdasarkan hasilvalidasi program pembelajaran dapat diketahui bahwa program pembelajaran dengan strategi problem solving dapat meningkatkan penguasaan konsep.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Physic Education
Depositing User: 021 Nanik Rachmawati
Date Deposited: 01 Apr 2014 13:08
Last Modified: 01 Apr 2014 13:08
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/7077

Actions (login required)

View Item View Item