Haji, Saleh (2014) MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MELALUI PEMBELAJARAN MATEMATIKA CONCEPT-RICH. In: SEMINAR NASIONAL PENDIDIKAN MATEMATIKA, 14 Maret 2014, University of South Australia.
|
Archive (Procedding)
B46b_SALEH HAJI_SEMNAS TDK BERPROSIDING_UNIB_2014.pdf - Bibliography Available under License Creative Commons GNU GPL (Software). Download (20MB) | Preview |
Abstract
Salah satu objek yang dipelajari dalam matematika adalah konsep. Pemahaman terhadap konsep sangat penting, karena dapat mempengaruhi terhadap pemahaman objek-objek matematika yang lain yaitu prinsip dan keterampilan. Untuk dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam memahami konsep matematika diperlukan suatu pembelajaran yang memberikan kesempatan siswa untuk mempraktikan suatu teori dalam matematika maupun di luar matematika (kehidupan sehari-hari). Selain itu, guru dan siswa melakukan refleksi terhadap pembelajaran yang telah dilakukan. Pembelajaran yang dapat mengakomodasi kegiatan-kegiatan siswa tersebut adalah pembelajaran matematika Concept-Rich yang memuat lima komponen yaitu: 1. Practice, 2. Decontextualization, 3. Encapsulating a generalization in words, 4.Recontextualixation, dan 5. Realization
Item Type: | Conference or Workshop Item (Paper) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Faculty of Education > Department of Mathematics Education |
Depositing User: | 021 Nanik Rachmawati |
Date Deposited: | 03 Apr 2014 14:38 |
Last Modified: | 03 Apr 2014 14:38 |
URI: | http://repository.unib.ac.id/id/eprint/7188 |
Actions (login required)
View Item |